Burung Macaw | Klasifikasi, Ciri-Ciri, dan Jenis

05-07-2022

Faunatis.com - Burung macaw merupakan ras burung yang paling mudah dikenali dalam keluarga beo. Burung ini mempunyai banyak variasi warna bulu yang terlihat cantik dan eksotis seperti merah, biru, hijau, dan kuning.

Macaw merupakan burung cerdas, dan selalu ingin tahu. Uniknya lagi, burung ini ternyata membutuhkan banyak perhatian serta hiburan.

Untuk mengetahui info lebih lengkap seputar burung macaw, simak ulasannya di bawah ini.

Klasifikasi Burung Macaw

Berikut ini adalah klasifikasi burung macaw, yakni:

Kerajaan: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Aves

Ordo: Psittaciformes

Famili: Psittacidae

Genera: Ara, Anodorhynchus, Cyanopsitta, Primolius, Orthopsittaca, dan Diopsittaca

Ciri-Ciri Burung Macaw

Burung macaw kerap dijadikan sebagai hewan peliharaan, namun sayangnya ada beberapa orang tidak bertanggung jawab yang menjual beberapa speises langka. Selain itu, beberapa habitat mereka juga dirusak oleh manusia yang hendak berburu macaw untuk mengambil bulunya yang cerah sebagai hiasan.

Spesies ini berasal dari Meksiko, Amerika. Beberapa jenis macaw di simpan sebagai hewan peliharaan. Karena kepintarannya, burung macaw begitu menyenangkan bagi pemiliknya.

Macaw dapat membuat permainan untuk menakuti orang dengan mencondongkan tubuhnya ke depan dan menerjang. Umumnya, burung macaw yang disosialisasikan dengan baik dan berinteraksi secara positif akan menjadi hewan peliharaan yang lembut.

Berikut ini beberapa ciri-ciri burung macaw, antara lain:

  • Paruh panjang
  • Warna beragam dan eksotis
  • Terdiri dari dua ukuran, yakni yang besar dan kecil
  • Dapat menirukan suara
  • Dikenal sebagai beo terbesar dengan panjang kepala hingga ekor mencapai 40 inci
  • Memiliki paruh yang kuat

Jenis-Jenis Burung Macaw

Burung macaw terbagi dalam dua kelompok yakni, burung macaw besar dan macaw mini. Burung macaw besar adalah jenis macaw yang terancam punah. Agar lebih mengetahui tentang jenis-jenis burung ini, berikut ulasannya:

1. Macaw besar

Burung macaw besar mempunyai buku yang cerah dan elok dipandang mata. Dibandingkan dengan jenis burung macaw lainnya, macaw besar memiliki bulu dengan warna-warni yang paling eksotis dan mencolok.

2. Macaw mini

Orang-orang sering menyebut spesies ini sebagai macaw gacor dengan ciri khas warna hijau yang cerah. Selain itu, terdapat juga sedikit warna pada ekor serta pundaknya. Beberapa spesies macaw telah mengalami perkawinan silang, sehingga menghasilkan mecam-macam macaw hibrida. Macaw hibrida ini memiliki juga warna yang sangat menarik.

3. Macaw blue dan gold

Jenis macaw ini mampu menyesuaikan diri dengan baik terhadap lingkungannya. Ketika terdapat banyak orang disekitarnya, macaw blue dan gold akan menunjukkan keramahannya dan mengeluarkan suara yang merdu.

Terlebih lagi jika dilatih dan disosialisasikan dengan baik, macaw blue dan gold akan semakin menikmati berbagai kegiatan luar bersama pemiliknya. Dengan keindahan serta kecerdasan yang dimilikinya, burung macaw dijual dengan harga yang fantastis.

Nah, itulah informasi seputar burung macaw yang dikenal sebagai burung pintar, memiliki tampilan eksotis dan mudah bersosialisasi. Namun, meskipun bisa menirukan berbagai macam suara, macaw tidak tergolong sebagai burung pembicara yang paling baik.

Artikel Lainnya