Pucuk Merah | Klasifikasi, Ciri-Ciri dan Manfaat

21-06-2022

Faunatis.com - Kamu mungkin sudah familiar dengan tanaman hias yang satu ini. Memiliki tampilan yang cantik, pucuk merah, pucuk merah merupakan tanaman perdu hias yang sangat populer dikalangan pecinta tanaman.

Tanaman dengan nama latin Syzygium sinubanense atau Syzygium campanulatum var longistylum ini masuk ke dalam keluarga Myrtaceae. Tumbuhan ini memiliki ciri khas tersendiri, yakni pucuknya yang selalu berwarna merah.

Pucuk merah dapat tumbuh hingga berbentuk pohon dengan kelebatan sekitar 16 hingga 30 meter dan tinggi mencapai 7 meter. Untuk lebih mengetahui lebih jelas mengenai tanaman ini, simak ulasannya di bawah ini.

Klasifikasi Pucuk Merah

Kingdom : Plantae
Sub kingdom : Viridiplantae
Infra kingdom : Streptophyta
Super divisi : Embryophyta
Divisi : Tracheophyta
Sub divisi : Spermatophytina
Kelas : Magnoliopsida
Super ordo : Rosanae
Ordo : Myrtales
Famili : Myrtaceae
Genus : Syzygium p. Br. Ex gaertn.
Spesies : Syzygium oleana

Ciri-Ciri Pucuk Merah

Berikut ini dijelaskan ciri-ciri tanaman pucuk merah, antara lain :

•    Akar
Tanamanan perdu ini mempunyai akar yang berbentuk bulat dan berwarna cokelat, yang terdiri atas akar tunggang yang akan terus merambat dan bertumbuh besar. Akarnya yang kuat dan kokoh ini dapat memberikan pengaruh yang besar.
Akar pucuk merah yang kokoh mampiu menghujam ke dalam tanah untuk merehabilitasi lahan, menyimpan cadangan air, dan mencegah longsor. Itulah sebabnya tanaman ini banyak ditemui di area perbukitan.

•    Batang
Batang pucuk merah dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian sekitar 6 meter jika tmbuh ditempat yang subur dan ternutrisi dengan baik. Batangnya berbentuk bulat dan berkambium serta berkayu seperti pohon dari famili Syzygium pada umumnya.

•    Daun
Tanaman ini memiliki keunikan yang bisa dilihat dari pucuknya. Pasalnya, tanaman ini memiliki daun muda yang berwarna merah dan akan berubah menjadi warna hijau ketika sudah tua. Perpaduan dua warna ini menjadi ciri khas tanaman pucuk merah yang membuat tanaman ini terlihat sangat indah.

•    Bunga
Tanaman ini menghasilkan bunga majemuk. Saat mekar, akan muncul kepala putik berwarna putih dengan tangkai berukuran lebih pendek jika dibandingkan dengan benang sari dari bunganya.
Putik bunga pucuk merah berada tepat di tengah sedangkan tangkai sari yang berwarna putih berukuran lebih panjang dari putiknya dengan jumlah yang lebih banyak.

•    Buah dan Biji
Tanaman pucuk merah menghasilkan buah yang berbentuk bulat dan sedikit pipih. Di bgaian tengah permukaan atas buahnya, terdapat cekungan. Buah pucuk merah memiliki ukuran diameter sekitar 0,7 cm dengan warna hitam mengkilat ketika sudah masak.

Manfaat Pucuk Merah

Dibalik keindahan tanaman pucuk merah, ternyata tersimpan banyak sekali manfaat. Apa sajakah itu? Simak penjelasannya di bawah ini.

•    Sebagai tanaman hias
Seperti yang kita ketahui, pucuk merah sering dijadikan sebagai tanaman hias disepanjang jalan, di wilayah sekolah, kantor, dan lain sebainya. Berkat warna uniknya, tanaman hias ini dapat memanjakan mata siapa saja karena dapat memberikan pemandangan yang berbeda dengan pohon pada umumnya.

•    Pewarna alami makanan
Warna merah yang dihasilkan daun pucuk merah kerap dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan pewarna makanan alami. Pewarna makanan yang mengandung bahan kimia tentu akan mengundang bahaya bagi kesehatan tubuh.

Untungnya, tanaman pucuk merah bisa dijadikan alternatif pewarna makanan alami layaknya daun pandan ataupun daun suji sehingga sangat aman jika dikonsumsi oleh semua orang.

•    Sebagai antioksidan alami
Tanaman pucuk merah juga ternyata menyimpan manfaat besar untuk kesehatan. Keberadaan senyawa polifenol pada daun pucuk merah yang berkhasiat sebagai antioksidan alami untuk mengurangi stres

•    Sebagai pencegah longsor
Tanaman ini memiliki struktur akar tunggang yang sangat kuat yang bermanfaat sebagai pencegah longsor. Bahkan, akar pucuk merah juga menyimpan cadangan air dalam jumlah yang besar sehingga bisa diandalkan di saat musim kemarau tiba.

Setelah membaca tulisan diatas, kamu tentu telah mengetahui bahwa tanaman pucuk merah tak hanya sekedar tanaman hias belaka, namun juga memberikan banyak manfaat bagi lingkungan dan juga kesehatan. Apakah kamu tertarik untuk menanamnya?

Artikel Lainnya