6 Tanaman Aneh ini Ternyata Mematikan

FLORA

Andre DS

2021-08-18

5 bunga aneh ini ternyata sangat mematikan

AfricanElephantCrossing.com - Bunga, biasanya cerah dan indah, tetapi juga memiliki sisi gelap. Dari bunga karnivora hingga bunga beracun, tidak semua bunga semanis dan sepolos kelihatannya.

Berikut adalah 6 bunga dan tanaman paling aneh serta mematikan di dunia. Sebelum Anda berhenti untuk mengendusnya, berhati-hatilah. Bahkan bunga yang tidak mengandung neurotoksin mengeluarkan bau yang cukup menyengat untuk menjatuhkan Anda.

Aconitum si helm iblis

Bunga Aconitum tampaknya menjadi kutukan semua orang. Hal ini juga dikenal sebagai wolfsbane. Awalnya kutukan serigala, dogbane, mousebane, kutukan macan tutul, kutukan harimau, kutukan penyihir dan kutukan wanita. Seperti oleander, itu adalah tanaman taman yang indah tapi mematikan.

Kelopak periwinkle melengkung ke bawah menyerupai topi biarawan, yang menjelaskan moniker non-kutukan, seperti helm Iblis, monkshood dan roket biru. Ada lebih dari 250 spesies Aconitum, dan merupakan anggota keluarga buttercup. Hanya beberapa tetes dari akar tanaman dapat menyebabkan kelumpuhan otot jantung atau seluruh sistem pernapasan, yang mengakibatkan kematian.

Selama Abad Pertengahan, para penyihir menggunakan wolfsbane dalam ramuan "terbang" mereka karena perasaan pusing dan mati rasa yang disebabkan oleh efek samping detak jantung yang tidak teratur. Mereka juga menggunakannya dalam ramuan cinta, tetapi karena ramuan beracun ini sering berakhir dengan membunuh kekasihnya, tanaman itu juga mendapatkan nama Janda Berkabung. Makanya cinta itu tidak bisa dipaksa hehe.

2. Nerium oleander atau yang dikenal dengan pembunuh beraroma manis

Nerium oleander atau yang dikenal dengan pembunuh beraroma manis

Nerium oleander yang anggun, yang bunganya berwarna merah tua, magenta atau putih krem, adalah salah satu tanaman paling beracun di dunia. Setiap bagian tanaman, dari batang hingga getahnya, sangat beracun jika tertelan. Bahkan menghirup asap dari oleander yang terbakar adalah ancaman kesehatan.

Ada kasus keracunan yang tidak disengaja akibat berkemah menggunakan cabang oleander untuk memanggang hotdog dan marshmallow. Bahkan, diyakini bahwa beberapa tentara Napoleon tewas di Spanyol ketika mereka menggunakan tongkat oleander untuk memanggang daging , menurut "The Vegetable Kingdom; or, The Structure, Classification, and Uses of Plants" (D. Appleton & Co., 1853). Bunganya sangat berbahaya bahkan madu yang dibuat oleh lebah yang menggunakan tanaman oleander untuk nektar pun beracun.

Racun bunga menyebabkan detak jantung tidak teratur, yang pada awalnya berpacu dan kemudian turun ke tingkat yang jauh di bawah normal, sampai jantung berhenti berdetak sama sekali.

3. Tanaman minyak castor paling beracun di dunia

Tanaman minyak castor paling beracun di dunia

Tanaman paling beracun di dunia menurut Guinness Book of World Records, tanaman minyak castor juga dikenal sebagai "palm of Christ", atau Palma Christi, yang berasal dari kemampuan minyak tanaman untuk menyembuhkan luka. Namun, ia juga memiliki kekuatan untuk membunuh, karena hanya satu miligram racun tanaman dapat membunuh orang dewasa, menurut Pusat Pengendalian Penyakit [CDC].

Selama berabad-abad, orang Tionghoa telah menggunakan minyak castor sebagai obat dan digunakan untuk membalut luka. Tanaman ini juga digunakan untuk memproduksi bahan bakar biodiesel di Brazil, yang disebut minyak mamona. Minyak jarak juga dapat ditemukan dalam cokelat jika digunakan sebagai pengganti mentega kakao, serta sabun, obat pencahar, tinta, dan plastik.

Akan tetapi, benih tanaman berbunga mengandung risin, racun yang sangat beracun. Risin juga terdapat dalam konsentrasi yang lebih rendah pada daun mengkilap tanaman, yang paling sering berwarna hijau tua atau merah anggur. Bunga tanaman minyak jarak menyerupai pom-pom merah muda yang tajam dan sangat berbahaya bagi anak kecil.

4. Drosera Rotundifolia atau yang dikenal dengan matahari terbenam yang menyeramkan

Drosera Rotundifolia atau yang dikenal dengan matahari terbenam yang menyeramkan

Penangkap Lalat Venus terkenal karena memakan serangga yang tidak menaruh curiga. Banyak ahli botani percaya bahwa itu berevolusi dari tanaman berbahaya lainnya, yaitu Drosera rotundifolia.

Juga dikenal sebagai sundew biasa, Drosera rotundifolia adalah tanaman kecil yang terancam punah yang menangkap dan mencerna mangsanya, sebagian besar memangsa lalat dan cacing. Ditemukan di lahan basah dan rawa-rawa di Amerika Utara, Drosera mendapatkan namanya dari kata Yunani "drosos", yang berarti "titik embun".

Daun tanaman yang bulat, hijau limau dibatasi dengan rambut runcing berwarna magenta, yang ujungnya berkilau dengan tetesan kecil lendir, zat kental, manis, dan lengket yang diproduksi oleh tanaman untuk menarik mangsanya. Setelah serangga mengendap di lendir, ia menjadi macet, di mana daun sundew membungkus dirinya di sekitar serangga dengan cara yang mirip dengan tentakel gurita.

Dracunculus vulgaris si bunga Dracula

Berasal dari Mediterania, Dracunculus vulgaris juga dikenal sebagai Voodoo Lily, Snake Lily dan Stink Lily, karena mengeluarkan aroma yang berbau daging busuk saat mekar. Ini adalah cara bunga menarik lalat, yang membantunya menyerbuki Lili Voodoo lainnya untuk menjaga spesies tetap hidup. Untungnya, baunya biasanya hanya bertahan selama satu hari.

Penamaan dracunculus vulgaris berasal dari penampilannya yang unik seperti duri hitam, yang disebut spadix, terjalin oleh kelopak ungu yang menyerupai jubah Drakula. Spadix bisa tumbuh lebih dari empat kaki.

Bunga yang menyeramkan, seperti namanya, membenci sinar matahari langsung dan tumbuh subur di tempat teduh. Semua bagian tanaman beracun jika tertelan dan menyentuh tanaman dapat menyebabkan iritasi kulit atau reaksi alergi.

6. Rafflesia arnoldii bunga tunggal raksasa dunia tumbuhan

Rafflesia arnoldii bunga tunggal raksasa dunia tumbuhan

Bunga polkadot raksasa, bengkak, berwarna poppy, tampak seperti sesuatu dari rangkaian "Sesame Street", tetapi sebenarnya merupakan bunga individu terbesar di dunia. Ketebalan kelopak-ke-kelopaknya bisa mencapai hingga tiga kaki (hanya di bawah satu meter) dan beratnya 15 pon (6,8 kilogram). Tumbuh hanya di hutan hujan Asia Tenggara, dan terancam punah karena pemanenan yang berlebihan.

Rafflesia arnoldii sebenarnya adalah parasit akar yang berarti ia tidak memiliki batang atau daun dan hidup sepenuhnya di dalam inangnya, yang biasanya merupakan akar dari pohon besar. Alih-alih akar, bunga itu memiliki jaringan panjang yang disematkan ke inang, gaya "Invasi Penjambret Tubuh". Setelah berbulan-bulan memberi makan dari inang, bunga kemudian mekar hanya selama lima hari.

Ketika akhirnya mekar, ia mengeluarkan aroma yang berbau daging busuk untuk menarik lalat yang dibutuhkan untuk membantu penyerbukan. Terlepas dari cara parasit dan aromanya yang tidak enak, penampilan kartun Rafflesia arnoldii telah membuatnya mendapatkan julukan yang menggemaskan: "Padma Raksasa Dunia Tumbuhan".

Demikian artikel mengenai 6 bunga aneh yang ternyata sangat mematikan yang ada didunia. Semoga bermanfaat.

Temukan Kami

©AfricanElephantCrossing 2021