Apa itu Hewan Invertebrata?

INVERTEBRATA

Andre DS

2021-09-02

Ubur-Ubur yang merupakan hewan invertebrata

AfricanElephantCrossing.com - Definisi invertebrata adalah hewan apa pun yang tidak memiliki tulang punggung atau tulang belakang. Anggota keluarga invertebrata yang paling produktif dan mudah dikenali adalah serangga. Diperkirakan bahwa lebih dari 30 juta spesies individu invertebrata mungkin ada, terhitung antara 90-95 persen dari semua organisme di planet ini.

Semua filum kecuali Chordata hanya terdiri dari invertebrata, dan bahkan filum Chordata terutama terdiri dari invertebrata. Hanya subfilum Chordata yang disebut Vertebrata yang berisi hewan-hewan vertebrata. Beberapa invertebrata memiliki kerangka luar yang keras, atau cangkang, seperti siput, kepiting, atau remis. Mayoritas memiliki mata majemuk yang terbentuk sebagai perpanjangan dari kulit mereka, dan semua invertebrata berdarah dingin. Ini berarti bahwa mereka sama sekali tidak dapat mengatur suhu tubuh mereka sendiri melalui metode internal, dan mereka bergantung pada suhu eksternal untuk mempertahankan suhu mereka sendiri.

Metode Pernapasan Hewan Invertebrata

Invertebrata bernapas melalui berbagai cara. Beberapa artropoda menggunakan spirakel yang merupakan lubang kecil di rangka luarnya, dan invertebrata lainnya bertukar gas di seluruh permukaan tubuh mereka seperti beberapa spesies cacing laut. Sejumlah besar invertebrata bernapas melalui insang, tetapi insang ini sama liarnya dengan invertebrata itu sendiri.

Kebanyakan orang menganggap insang seperti yang terlihat pada ikan, tetapi definisi insang adalah struktur berdinding tipis yang memungkinkan pertukaran gas. Itu menyisakan banyak ruang untuk variasi hanya dalam satu organ. Beberapa alat pernapasan yang paling menarik adalah di antara berbagai invertebrata air. Kerang air tawar menggunakan silia mikroskopis untuk mendorong air dan isinya melalui tubuh mereka. Hal ini memungkinkan kerang untuk makan dan mendorong air melalui insang yang dimodifikasi.

Bintang laut mengambil oksigen melalui cangkir hisap yang sama pada pelengkap mereka yang memungkinkan mereka untuk bergerak, dan teripang benar-benar bernapas melalui paru-paru yang mampu memproses air.

Invertebrata Air

Mungkin serangga merupakan invertebrata paling umum yang dialami manusia setiap hari, invertebrata airlah yang menembus hampir semua kelas invertebrata yang paling umum. Itu dibandingkan dengan hanya satu kelas serangga. Invertebrata air dapat ditemukan di air tawar, air asin, dan air payau.

Berikut adalah beberapa kelompok invertebrata yang paling umum dan beberapa spesiesnya.

1. Protozoa: Amuba dan organisme bersel tunggal lainnya

2. Echinodermata: bulu babi, teripang, bintang laut

3. Annelida: Cacing tanah dan lintah

4. Arthropoda: Serangga, laba-laba, dan krustasea

5. Moluska: Siput, gurita, dan cumi-cumi

Invertebrata Terbesar

Cumi-cumi Raksasa

Invertebrata terbesar yang pernah tercatat adalah anggota keluarga cumi-cumi. Cumi-cumi raksasa adalah cumi-cumi yang memiliki ukuran terpanjang dengan spesimen terbesar yang tercatat yaitu dengan panjang 59 kaki. Itu kira-kira panjang bus sekolah! Ada juga cumi-cumi kolosal, walaupun sedikit lebih pendek, namun memliki berat yang beda jauh yaitu dengan berat sekitar setengah ton.

Cumi-cumi raksasa sangat sulit dipahami, dan para ilmuwan telah menemukan bahwa hampir tidak mungkin untuk mencatat banyak detail tentang spesies ini karena iklim laut dalam yang tidak ramah tempat tinggalnya. Hewan-hewan ini juga memegang rekor dengan mata terbesar pada semua invertebrata dengan kisaran diameter 10 hingga 16 inci.

Invertebrata terkecil adalah organisme bersel tunggal seperti amuba. Spons adalah salah satu invertebrata paling sederhana dengan sebagian besar tidak mengembangkan banyak organ atau sistem yang ada pada spesies terkait lainnya.

Pertanyaan Seputar Hewan Invertebrata

Apa itu invertebrata?

Menurut definisi, invertebrata adalah hewan yang tercipta dengan tidak adanya tulang punggung atau kolom vertebral, dan mereka tidak memiliki notochord selama perkembangan. Pengecualian untuk tidak adanya notochord adalah anggota filum Chordata yang bukan vertebrata yang terkandung dalam subfilum Vertebrata. Lebih dari 90 persen dari semua hewan yang dikenal adalah invertebrata, dan para ilmuwan memperkirakan bahwa sebenarnya ada sebanyak 30 juta spesies invertebrata total. Invertebrata merupakan jenis fauna yang digolongkan ke dalam kepemilikan tulang belakang atau tidak.

Apa ciri-ciri hewan invertebrata?

Invertebrata memiliki banyak perbedaan di semua kelas dan spesies yang ada. Serangga berbeda secara signifikan dari bintang laut, tetapi ada karakteristik umum yang dimiliki semua invertebrata.

1. Tidak adanya kolumna vertebralis atau notochord perkembangan

2. Berbagai metode pernapasan yang bervariasi

3. Berdarah dingin

4. Sistem peredaran darah terbuka

5. Tidak memiliki sel darah merah

6. Sebagian besar bersifat hermaprodit

7. Kulit satu lapis

8. Mata majemuk yang merupakan pertumbuhan dari kulit

Apa saja contoh invertebrata laut?

Ada sejumlah besar invertebrata laut dalam berbagai bentuk atau ukuran. Dari polip karang hingga bulu babi hingga cumi-cumi kolosal, invertebrata yang memenuhi lingkungan air laut dan air tawar.  Contoh invertebrata laut umum lainnya: Kerang, kepiting, Udang, Ubur-ubur, Remis, dan Lobster.

Apa perbedaan invertebrata dan vertebrata?

Perbedaan utama antara vertebrata dan invertebrata adalah tidak adanya tulang punggung pada invertebrata. Biasanya, invertebrata adalah organisme yang bergerak lambat dan lebih kecil jika dibandingkan dengan vertebrata yang lebih besar dan umumnya lebih cepat. Invertebrata juga berdarah dingin dibandingkan dengan vertebrata berdarah panas. Lima kelas terdiri dari semua vertebrata, sedangkan invertebrata terdiri dari lebih dari tiga puluh kelas yang berbeda. Meskipun ada invertebrata yang memiliki struktur tubuh bertulang, hanya vertebrata yang memiliki endoskeleton yang terbuat dari jaringan hidup.

Apakah ular termasuk hewan invertebrata?

Tidak. Ular adalah vertebrata. Sekilas mungkin sulit untuk percaya bahwa hewan fleksibel seperti itu memiliki kerangka tulang, ular memiliki tulang belakang yang terdiri dari antara 200-400 tulang tergantung pada ukurannya.

Apakah hewan invertebrata memiliki manfaat?

Ya, tentu saja. Hewan Invertebrata secara langsung maupun tidak langsung memiliki manfaat yang beragam seperti :

1.  Menjadi sumber makanan bagi manusia yang kaya akan protein.

2. Bermanfaat bagi lingkungan. Secara tidak langsung, kehadiran hewan invetebrata menjadi salah satu faktor terciptanya keanekaragaaman hayati untuk skala biosfer. Selain berpartisipasi dalam rantai makanan, jenis hewan ini juga menjadi daya tarik ekowisata seperti terumbu karang, anemon, ubur-ubur.

3. Bermanfaat bagi kesehatan. Contohnya seperti sengatan lebah yang digunakan untuk terapi kesehatan.

4. Bermafaat bagi pertanian, dimana hewan seperti kupu-kupu dan lebah yang membantu penyerbukan tanaman.

5. Bermanfaat bagi peternakan. Hewan seperti lebah dapat dijadikan sebagai produsen madu.

Temukan Kami

©AfricanElephantCrossing 2021