Apa perbedaan Tanaman Annual dengan Tanaman Parennial?

FLORA

Andre DS

2021-08-14

apa perbedaan bunga annual dengan bunga parennial

AfricanElephantCrossing.com - Tanaman Annual atau tanaman semusim atau yang sering disebutt tanaman setahun adalah tanaman yang biasanya berkecambah, berbunga, dan mati dalam satu tahun atau musim. Jenis tanaman seperti ini kebanyakan berkecambah pada 8-10 hari pertama apabila ditanam memakai biji.

Di kawasan tropis, tumbuhan ini bisa tumbuh di mana saja atau pekarangan rumah kita. Beberapa spesies ini juga dapat tumbuh di musim dingin. Bunga matahari, tomat, dan kacang polong termasuk dalam kategori ini. Beberapa spesies lainnya tumbuh dengan sangat lambat. Tukang kebun biasa menanamnya di bibit semai. Beberapa orang menanamnya sendiri, namun yang lainnya dapat membelinya di kios bunga.

Di kawasan subtropis, tumbuhan ini hanya bisa ditumbuhkan pada musim semi saja. Beberapa spesies dapat tumbuh di musim dingin. Bunga matahari, tomat, dan kacang polong termasuk dalam kategori ini. Namun beberapa spesies lainnya tumbuh dengan sangat lambat. Tukang kebun biasa menanamnya di bibit semai. Beberapa orang menanaminya sendiri, namun lainnya dapat membelinya di kios bunga.

Contoh tanaman annual/setahun/semusim : Jagung, padi, anggrek, ubi jalar, bayam, kubis, bawang bombay, wortel.

Sedangkan tanaman parennial [abadi, menahun] merupakan tanaman yang hidup lebih dari dua tahun. Banyak di antaranya berupa pohon, terna ataupun semak. Biasanya tanaman menahun tumbuh dengan struktur yang memungkinkan mereka untuk menyesuaikan diri dengan hidup dari satu tahun ke depan melalui bentuk reproduksi vegetatif daripada penyemaian. Struktur ini termasuk umbi, umbi-umbian, kayu mahkota, rhizomes dan yang lainnya. Tanaman jenis ini mungkin memiliki spesialisasi batang atau mahkota yang memungkinkan mereka untuk bertahan hidup periode dormansi lebih dingin atau musim kering sepanjang tahun.

Contoh tanaman parennial : Cengkeh, kelapa, asam, nangka, kelapa sawit, kelapa, jati, sawit, aren, cengkeh, pinang.

Dikutip dari livescience, pada tahun 2008, para ilmuwan dari Institut Bioteknologi Flanders di Gent, Belgia, menentukan apa yang membuat tanaman menjadi tahunan atau abadi. Perbedaannya, menurut ahli genetika tanaman Siegbert Melzer dan timnya, bermuara pada dua gen penginduksi bunga kritis yang ketika dimatikan, dapat membuat tanaman tahunan tumbuh kembali setiap tahun.

Pertumbuhan bunga yang cepat, dan kemudian biji adalah strategi yang digunakan sebagian besar tanaman semusim untuk berkembang biak dari satu generasi ke generasi berikutnya dan dari satu musim tanam ke musim berikutnya. Semusim mengalami "pertumbuhan cepat setelah perkecambahan dan transisi cepat ke pembentukan bunga dan biji, sehingga mencegah hilangnya energi yang dibutuhkan untuk membuat struktur permanen," para peneliti menjelaskan dalam siaran pers.

"Mereka berkecambah dengan cepat setelah musim dingin sehingga mereka keluar sebelum tanaman lain, sehingga menghilangkan kebutuhan untuk bersaing untuk makanan dan cahaya," menurut pernyataan itu. "Triknya pada dasarnya adalah membuat benih sebanyak mungkin dalam waktu sesingkat mungkin."

Tanaman parennial malah membangun "struktur" seperti tunas musim dingin, umbi atau umbi, yang mengandung sel-sel yang belum terspesialisasi dan, ketika musim tanam berikutnya dimulai, dapat diubah menjadi batang dan daun .

Sebuah tanaman annual/tahunan menggunakan semua sel non-khususnya yang membuat bunga, dan dengan demikian, setelah menjatuhkan biji, ia mati. Pertumbuhan bunga dipicu oleh tanaman yang merasakan lama hari dan jumlah sinar matahari. Ketika cahayanya tepat, "gen induksi mekar" dipicu.

Dengan menonaktifkan dua gen yang menginduksi pertumbuhan bunga di thale cress, tanaman berbunga yang genomnya telah diurutkan seluruhnya, para peneliti menciptakan tanaman mutan yang "tidak dapat lagi menginduksi pembungaan, tetapi dapat terus tumbuh secara vegetatif atau menjadi berbunga jauh kemudian." Karena tumbuhan tidak menggunakan sel-sel yang tidak terspesialisasi untuk membuat bunga, mereka menjadi tanaman keras, yang dapat terus tumbuh untuk waktu yang lama. Dan, seperti tanaman parennial sejati, tanaman tahunan yang berubah menunjukkan pertumbuhan sekunder dengan pembentukan kayu.

Temukan Kami

©AfricanElephantCrossing 2021