Bunga Wijaya Kusuma : Sang Ratu Malam yang Membawa Keberuntungan

FLORA BUNGA

2021-08-27

Bunga Wijaya Kusuma : Sang ratu malam yang membawa keberuntungan

AfricanElephantCrossing.com - Ada banyak jenis bunga yang bisa kita temui di setiap belahan bumi ini, salah satunya adalah Bunga Wijaya Kusuma, atau yang dikenal dengan Sang Ratu Malam. Bunga ini disebut membawa keberuntungan bagi pemeliharanya.

Mungkin banyak orang awam yang belum mengetahui jenis bunga yang satu ini dan hanya beberapa saja yang mengetahuinya. Jika dipersoalkan dari segi nama, bunga wijaya kusuma tidak sepopuler bunga lain seperti anggrek, mawar, ataupun melati. Dimana bunga-bunga tersebut langsung diketahui oleh orang-orang hanya dengan mendengar namanya saja.

Bunga wijaya kusuma memiliki nama latin yaitu Epipyllum oxypetalum. Juga dibeberapa Negara asing nama bunga ini dijuluki sebagai The Queen Of Night atau Sang Ratu Malam, Night Blooming Cereus, Princess of The Night dan lain-lain.

Bunga wijaya kusuma merupakan tanaman kaktus yang berasal dari benua Amerika yaitu Venezuella dan Karibia. Bunga ini juga dapat hidup di iklim yang sedang sampai iklim tropis.

Tinggi batang dari tanaman ini bisa mencapai 10 kaki atau sekitar 3 meter. Kaktus ini juga tidak berusuk dan sepanjang batangnya memiliki duri hitam. Dan bunganya memiliki diameter 10-17cm yang memiliki harum yang sangat wangi.

Tanaman yang satu ini dapat berbunga setelah berumur empat atau lima tahun, itupun hanya beberapa bunga di awal dan semakin bertambah berdasarkan umurnya.

Buah Wijaya Kusuma

Tumbuhan ini juga dapat menghasilkan buah yang bisa dimakan. Walupun bentuknya kecil, buahnya memiliki rasa yang enak dimakan dan rasanya hampir mirip dengan buah naga.

Kenapa namanya harus Ratu Malam? Karena bunga ini menunjukkan keindahannya hanya pada malam hari. Namun, jarang sekali ada orang yang bisa melihat keindahannya karena susah diprediksi kapan bunga ini akan mekar.

Bunga ini biasanya mekar di malam hari, dan mekar secara sempurna pada tengah malam. Namun sangat sulit untuk menentukan kapan umur bunga ini akan mekar. Bunga ini  mekar di malam hari karena menunggu batas temperatur tertentu agar hewan penyerbuk keluar.Lalu keesokan harinya ketika matahari terbit, bunga ini sudah layu dan kelopak bunga yang rapi akan berjatuhan satu per satu.

Pembawa Keberuntungan

Nama bunga ini terdiri dari 2 suka kata yaitu Wijaya dan Kusuma. Dimana dalam bahasa jawa kuno, Wijaya  artinya kemenangan dan Kusuma yang berarti bunga.

Beberapa kalangan masyarakat memilih untuk menanam dan merawat Bunga wijaya kusuma dikarenakan banyak mitos yang mengatakan bahwa tanaman ini akan membawa keberuntungan dan kemakmuran bagi pemeliharanya

Di Indonesia, mitos tentang bunga Wijaya Kusuma ini sudah ada sejak zaman kerajaan-kerajaan dulu. Dimana suatu kerajaan akan makmur, jika didalam pekarangan istana terdapat tanaman bunga wijayakusuma dan sampai bisa mekar sempurna di tengah malam.

Karena flora yang satu ini sangat unik dan juga langka, banyak orang yang percaya bahwa bunga ini merupakan pusaka titisan dewa Wisnu. Bahkan beberapa kalangan masyarakat di Yogyakarta dan Surakarta mempercayai bahwa seorang raja yang ingin naik tahta harus memiliki bunga ini sebagai syarat.

Jika ingin merawat tanaman ini, kalian juga tidak perlu repot-repot atau pusing memikirkannya. Pada dasarnya, merawat bunga wijaya kusuma ini sama dengan bunga-bunga lainnya. Namun dengan catatan tanaman ini harus ditanam pada lingkungan yang tepat. Seperti memastikan bahwa tanaman ini harus mendapatkan cahaya yang cukup, suhu yang pas, penyiraman yang tidak berlebihan dan rutin dilakukan, serta pemangkasan pada bunga-bunga yang sudah layu.

Write your text here...

FLORA BUNGA TANAMAN HIAS

Mengenal Bunga Dracunculus Vulgaris si Bunga Dracula

FLORA BUNGA

Bunga Aconitum, Si Cantik yang Mematikan

FLORA BUNGA

Mitos dan Manfaat dari Bunga Wijaya Kusuma yang Fenomenal

FLORA BUNGA

Bunga Wijaya Kusuma : Sang Ratu Malam yang Membawa Keberuntungan

Temukan Kami

©AfricanElephantCrossing 2021