Cara Merawat Monstera Obliqua, Tanaman yang Mirip dengan Janda Bolong

TANAMAN HIAS

Andre DS

2021-09-23 4 min read

Monstera Obliqua, tanaman yang mirip Janda Bolong

AfricanElephantCrossing.com - Monstera Obliqua sering disalahartikan sebagai Monstera Adansonii (janda bolong), yang juga memiliki lubang lebih besar daripada Monstera lainnya dan memiliki harga yang lebih mahal dari jenis lainnya.

Monstera Obliqua memiliki daun yang hijau segar dengan banyak lubang besar, yang terjadi secara alami dan tidak disebabkan oleh serangga atau penyakit. Ketika tanaman ini tumbuh ia membuat tanaman merambat dengan daun. Anda dapat mengarahkan pertumbuhan ke bawah, tetapi Anda juga dapat mengikatnya dan mengarahkan pertumbuhan ke atas. Terkadang tumbuh bunga putih bersih, yang akan menyebarkan aroma manis nanas.

Monstera Obliqua adalah anggota dari keluarga Arum juga dikenal sebagai Araceae. Tanaman ini dapat ditemukan di hutan hujan tropis, di sini ia merangkak di tanah mencari pohon. Ketika Monstera Obliqua telah menemukannya, monster itu akan memanjat ke atas menuju sinar matahari. Monstera Obliqua terutama terlihat di hutan hujan Amerika Tengah dan Selatan.

Karakteristik Monstera Obliqua

Tanaman Hias Monstera Obliqua

Obliqua sering dikenal karena daunnya yang kecil dengan lubang berlubang tanpa simetri. Tanaman ini memang memiliki berbagai penampilan lain tergantung pada wilayahnya. Dengan kata lain, tidak semua obliqua memiliki lubang, yang merupakan fitur yang paling menonjol.

Monstera obliqua dapat menetap di bagian akar pohon yang lebih besar. Ia tidak cepat memanjat, sehingga dapat tumbuh subur di pohon yang lebih kecil juga. Obliqua dapat berhasil tumbuh pada tanaman lain dan memperoleh nutrisi dari unsur-unsur di sekitarnya.

Tanaman kecil dapat mencapai kematangan dalam ruang kompak karena proses pertumbuhannya yang lambat, terutama sebagai tanaman rumah,. namun, ketika berada di habitat aslinya, laju pertumbuhannya meningkat karena kelembaban, suhu, dan pencahayaan yang berujung pada lingkungan yang kaya.

Flora yang indah ini mencapai kedewasaan pada ketinggian hanya beberapa meter.

Batang Obliqua matang dengan ketebalan sekitar 2 milimeter sebagai tanaman rumah. Ketika berada di lingkungan yang lebih alami, pertumbuhannya sekitar 5 meter, jauh lebih besar. Tanaman ini juga menghasilkan pelari tak berdaun yang jatuh ke lantai hutan, yang dikenal sebagai stolon. Stolon ini dapat tumbuh mendatar sejauh 20 meter sampai menemukan pohon baru untuk menempel dan mulai berkembang.

Secara keseluruhan, obliqua tidak memiliki musim berbunga tertentu. Mereka akan mekar kapan saja. Obliqua menghasilkan hingga 8 sekop, sekelompok bunga kecil di sekitar sumbu berdaging. Obliqua mekar sedikit lebih dari setahun setelah perkecambahan. Ada spathe hijau di buah obliqua. Pada awalnya, spadix menjadi warna putih kehijauan dan kemudian menjadi warna kuning cerah.

Dasar Perawatan Tanaman Monstera Obliqua

Monstera Obliqua adalah tanaman miniatur langka dan halus yang sempurna bagi mereka yang memiliki jempol hijau. Dari menanam hingga berbunga, memiliki pengetahuan yang tepat tentang cara merawatnya akan sangat membantu.

Perawatan tanaman Monstera Obliqua membutuhkan perhatian khusus. Untuk memulai, evaluasi tanah, lalu sirami, letakkan di tempat yang tidak dapat dipadamkan oleh sinar matahari, dan terakhir rawat.

Persyaratan Tanah Monstera Obliqua

Kebutuhan tanah yang tepat adalah aspek penting dari merawat tanaman Monstera Obliqua, dan tanpa campuran agar dapat tumbuh dengan baik.

Tanahnya juga harus berbasis gambut. Gambut bermanfaat karena menyimpan air dan memungkinkan tanaman menyerap sebagian besar air. Gambut dapat disiapkan dari awal atau dibeli di internet. Komponen penahan air lainnya dapat ditemukan di dalam tanah, seperti sabut kelapa. Sabut meningkatkan drainase tanah sambil mempertahankan kelembaban di tanah yang cepat kering.

Sabut terurai perlahan, mirip dengan gambut, memungkinkan kelebihan air mengalir dari akar tanaman. Faktor ketiga dalam tanah harus lempung. Ini akan membuat lubang udara kecil, memungkinkan akar menyebar dan mendapatkan semua nutrisi.

Saat menanam biji Monstera Obliqua, usahakan untuk tidak menggunakan pasir dan tanah kering atau dibeli.

Kebutuhan Air Monstera Obliqua

Monstera Obliqua tidak perlu sering disiram. Itu hanya perlu disiram sekali atau dua kali seminggu, terutama selama musim panas, dan sekali setiap dua minggu selama musim dingin. Siram hanya sampai bagian atas tanah mengering.

Jika daun Monstera Obliqua mulai menguning kecoklatan atau lumpuh, tanaman juga menderita dehidrasi. Penggelapan daun akan disebabkan oleh genangan air. Overwatering menyebabkan daun menguning, batang runtuh, dan perkembangan terhambat. Ini juga merupakan cara yang baik untuk menghindari menyiram tanaman dengan air dingin. Kebutuhan air untuk Monstera Obliqua bervariasi tergantung pada lokasi dan zona.

Kebutuhan Cahaya Monstera Obliqua

Monstera Obliqua menikmati cahaya alami yang cerah, dan akan tumbuh subur di bawah sinar matahari tidak langsung yang cerah. Namun, sinar matahari langsung akan membakar dedaunan dan membakar daun tipis yang rapuh, jadi jauhkan tanaman dari sinar matahari langsung.

Karena daunnya yang tebal, Monstera Obliqua dewasa dapat bertahan setidaknya 3 jam dari sinar matahari langsung. Dibutuhkan tingkat kelembaban tinggi hingga 90%, serta kanopi hutan yang dalam untuk melindungi mereka dari sinar matahari langsung.

Perhatikan Suhu

Monstera Obliqua adalah tanaman merambat tropis yang membutuhkan toleransi suhu setidaknya 15 derajat celcius. Tidak boleh lebih panas. Jika menanam Monstera di dalam ruangan, jangan biarkan suhu naik atau turun di luar kisaran ini. Akibatnya, tanaman lebih menyukai suhu antara 16 dan 20°C.

Di rumah kaca, di mana suhu dapat dengan mudah dipertahankan, menciptakan keadaan ini menjadi lebih sederhana. Jika tidak dapat mengakses rumah kaca, letakkan tanaman di ruangan yang suhunya dikontrol dengan termostat. Tanaman ini juga sangat sensitif dengan musim dingin, ketika suhu turun di bawah empat derajat Celcius, tanaman akan mati.

Kelembaban

Tanaman tropis mana yang tidak menikmatinya saat panas dan lembab? Monstera Obliqua, seperti semua tanaman tropis lainnya, tumbuh subur di lingkungan yang lembab. Pada hari yang kering, sering berkabut dan meletakkannya di vivarium dengan tanaman lain akan sangat membantu menjaga tingkat kelembaban di sekitarnya.

Jika keadaan rumah tidak terlalu lembab, simpan tanaman di dekat kamar mandi atau di dapur. Periksa kelembaban tanah secara teratur, periksa daunnya, dan semprotkan tanaman jika udara tampak terlalu kering. Pilihan lainnya adalah menempatkan Monstera Obliqua di ruangan yang memiliki pelembab udara. Perawatan tanaman Monstera Obliqua membutuhkan tingkat kelembaban yang tinggi.

Perambatan Monstera Obliqua

Perawatan tanaman Monstera Obliqua membutuhkan perambatan, dan stek batang dapat memperbanyak tanaman yang menakjubkan ini. Media perambatan dapat berupa tanah atau air.

Selalu ambil stek selama musim tanam, dari musim semi hingga awal musim panas. Saat memotong tanaman, pastikan ia memiliki daun dan anggukan. Tempatkan potongan dalam pot, gunakan kompos gambut dan lempung dan sirami lapisan atas dengan murah hati.

Dalam beberapa minggu, akar akan berkembang dengan baik, dan tanaman perlahan-lahan akan mulai tumbuh. Dengan semua metode perambatan ini, idenya adalah untuk mendorong pembentukan akar lebih lanjut, lalu masukkan monstera ini ke dalam kompos segar.

Kebutuhan Pupuk Monstera Obliqua

Pupuk diperlukan untuk semua penanaman, namun karena Monstera Obliqua adalah tanaman yang tumbuh lambat, membutuhkan pemupukan lebih sedikit daripada tanaman lain. Namun, selama minggu-minggu pertumbuhan, beri makan Monstera dengan pakan berlabel tanaman hias setiap dua minggu. Pupuk sebulan sekali menggunakan pupuk ringan dalam jumlah kecil selama musim semi dan musim panas.

Namun, di musim dingin, disarankan untuk membiarkan tanaman beristirahat untuk menghindari penumpukan garam di tanah, melukai dedaunan tanaman dan menyebabkannya terbakar. Monstera Obliqua tumbuh perlahan, dan jika tidak memupuknya, ia akan tumbuh lebih lambat

Baca Juga

REPTIL

Yang mana duluan keluar : Taring Ular atau Racunnya?

AMFIBI

Fakta, Bentuk, Habitat dari Katak Kaca

REPTIL

Iguana Laut yang Kerap disebut 'Godzilla' Versi Dunia Nyata

REPTIL

Spesies Kadal Kayu Berwarna-warni Ditemukan di Peru

Rekomendasi Hewan Lainnya

BURUNG

Perbedaan Burung Kuntul dan Bangau

BURUNG

Mengenal Burung Cekakak, si Raja Udang atau Kingfisher

BURUNG

Mengenal Burung Biru Timur atau Eastern Bluebird

BURUNG KARNIVORA

Mengenal Burung Hantu Beluk Jampuk atau Barred Owl

Temukan Kami

©AfricanElephantCrossing 2021