Echeveria Lola, Tanaman Hias untuk Mempercantik Pekarangan Rumah

FLORA TANAMAN HIAS

Andre DS

2021-09-18 4 min read

Tanaman Hias Echeriva Lola

AfricanElephantCrossing.com - Echeveria Lola merupakan tanaman hias yang memiliki warna cantik. Daunnya cenderung tebal dan mudah menghasilkan anakan. Perawatannya juga cenderung mudah.

Ada kesederhanaan, dan kerumitan dalam hal menjaga sukulen. Kesederhanaan datang dalam merawat mereka, karena mereka membutuhkan lebih sedikit air dan perhatian daripada tanaman lain. Kompleksitas adalah apa yang dihadapi oleh setiap tukang kebun sukulen ketika harus memilih sukulen yang sempurna. Variasi sukulen yang tersedia sangat mencengangkan, namun ada beberapa yang dicintai tanpa alasan. Di varian Echeveria, 'Lola' jadi favorit.

Dengan nama yang romantis dan sensual seperti Lola, masuk akal jika banyak yang tertarik dengan tanaman yang menakjubkan ini. Memeliharanya seperti memiliki mawar yang menakjubkan sepanjang tahun, dengan daunnya yang selalu hijau dan tertata rapi. Jadi, inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang Echeveria Lola.

Pengenalan

Echeveria Lola adalah bagian dari keluarga yang dikenal sebagai Crassulaceae, dari Meksiko atau Amerika Tengah. Di mana sukulen lain biasanya memiliki daun hijau, daun Echeveria Lola berwarna ungu muda yang lembut atau mungkin tampak seperti campuran warna abu-abu dan biru. Daunnya tumbuh dalam bentuk roset, dengan daun tumpang tindih yang tampak tumbuh dari hati. Unsur lain yang menambah keindahannya adalah lapisan tebal lilin epicuticular yang terdapat pada daunnya.

Tanaman ini dikenal sebagai farina dan membuat tanaman tampak seolah-olah ditutupi lilin tembus pandang yang menyerupai pualam. Setiap tahun di musim semi, bunga-bunga dari Echeveria Lola mekar. Mereka adalah warna cerah merah muda dan kuning, dan berbentuk lonceng. Seperti tanaman Echeveria lainnya, mereka menonjol di tangkai yang menarik perhatian dan selera burung penyerbuk.

Cara Merawat Echeveria Lola

Nikmati sukulen ini dengan menumbuhkannya di luar ruangan dan berikan ruang untuk menyebar secara maksimal. Jangan khawatir, tanaman ini jauh dari kata invasif sehingga Anda dapat mengontrol betapa menakjubkannya tanaman ini di taman atau di dalam ruangan Anda. Berikut adalah kondisi terbaik yang harus dimiliki saat merawat sukulen ini.

Pencahayaan

Sangkin cantiknya tanaman yang satu ini, kita sering tergoda untuk meletakkannya di dalam rumah untuk selalu bisa menikmati keindahannya. Tetapi hal itu akan mempengaruhi bagaimana tanaman ini tumbuh. Tanaman ini tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh, meskipun sedikit naungan juga bagus, terutama di iklim yang sangat panas. Bila diposisikan di tempat yang tidak mendapat sinar matahari langsung, tanaman tidak akan bisa berfotosintesis.

Akibat yang menyedihkan dari hal tersebut adalah kematian tanaman karena tidak dapat menghasilkan makanan yang dibutuhkannya. Menyimpannya di dalam ruangan berarti Anda harus mencentang sejumlah kotak dalam hal 'kondisi hidup'. Menempatkan tanaman di tempat yang akan menerima sinar matahari sore akan ideal.

Iklim yang Ideal

Anda akan melihatnya semakin besar dan sehat di musim panas, karena saat itulah pertumbuhan paling aktif terjadi. Jika Anda mengalami musim dingin yang sangat dingin, di mana suhu turun di bawah 20 derajat Fahrenheit, Anda mungkin perlu memindahkan tanaman ke dalam ruangan. Sesampai di sana, berinvestasi dalam lampu penghangat agar sukulen Anda tidak mati – dingin bukan teman Echeveria Lola.

Menyiram Echeveria Lola

Seperti succulents lainnya, sedikit air sangat berguna sehingga hanya menyiramnya ketika tanah benar-benar kering. Saat menyiram, fokuslah untuk merendam tanah dan biarkan sampai kering kembali. Itu dapat tumbuh sesuai dengan tangan yang ditangkupkan, membentang hingga 6 "dan lebar hingga 4".

Perlu dicatat bahwa tanaman ini tumbuh lambat, jadi tidak perlu khawatir bahwa air yang sedikit mempengaruhi pertumbuhannya secara keseluruhan.

Tanaman ini akan tumbuh subur dalam wadah dan juga tumbuh dengan baik di taman batu. Dan juga harus mewaspadai kutu putih, yang lebih mungkin tumbuh jika menyiram terlalu banyak air pada tanama. Mereka akan muncul ketika ada air yang terperangkap di antara daun. Jika kebetulan air terciprat di antara daun saat menyiram, Anda hanya perlu sedikit kapas untuk menyerap kelebihan air. Dengan mengingat hal ini, cara Anda menyirami sukulen ini juga penting. Hindari menyiramnya dari atas, sebaliknya, sirami darni permukaan tanah.

Menyebarkan Echeveria Lola

Kesabaran adalah apa yang Anda butuhkan saat menyebarkan sukulen ini. Biasanya dibutuhkan sekitar dua kali lebih lama dari rata-rata sukulen Anda dan hanya akan benar-benar berfungsi jika Anda melakukannya dengan benar sejak awal. Setelah Anda mengetahui cara membuatnya bekerja, Anda dapat memiliki taman Echeveria Lola hanya dalam waktu enam bulan. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti:

1. Mulailah dengan melepas daunnya, sesuatu yang perlu Anda lakukan secara perlahan untuk memelintir seluruh daun. Agar perbanyakan berhasil, Anda perlu memastikan bahwa tidak ada bagian timah yang tertinggal di batang.

2. Setelah membuang daunnya, luangkan waktu sekitar 48 jam sebelum Anda meletakkannya kembali di tanah pot (ini hanya satu pendekatan). Selama waktu ini, itu akan mengembangkan berperasaan.

3. Pendekatan kedua setelah mencabut daun adalah dengan menyimpannya di bawah cahaya terang selama periode dua hari. Setiap hari kabut sedikit dan tak lama kemudian, sukulen kecil akan mulai tumbuh. Rawat si kecil ini sampai sedikit lebih besar dan memiliki beberapa daun lalu masukkan ke dalam pot.

4. Anda juga akan menemukan sedikit offset setelah beberapa waktu bertunas di dasar tanaman Anda. Jika di luar ruangan, dan dengan banyak ruang, Anda dapat membiarkannya tumbuh. Di dalam ruangan, mereka ideal untuk dipotong dan ditanam dengan hati-hati ke dalam pot mereka sendiri.

Tips Merawat Echeveria Lola

Tanaman Hias Echerevia Lola (1)

Perawatan yang sangat baik berarti bahwa sukulen Anda akan berkembang selama bertahun-tahun. Berikut adalah beberapa tips untuk memastikan hal itu terjadi.

Untuk mempertahankan sukulen Anda, tetap berpegang pada dasar-dasarnya. Pertama, daun kering atau layu harus dipetik dengan hati-hati. Ini adalah salah satu tanaman yang tidak membutuhkan banyak cara pemangkasan.

Jika ia berkembang biak secara alami dan tanaman baru mulai tumbuh, Anda dapat memotongnya dengan hati-hati. Biarkan ujungnya mengering selama satu atau dua hari dan kemudian tanam kembali di tempat yang diinginkan.

Untuk perawatan ekstra tanaman Anda, perhatikan pH tanah. Tanah yang sedikit asam adalah yang terbaik untuk tanaman ini, dan pH 6,0 sangat ideal.

Saat menyimpan tanaman ini di dalam ruangan, yang terbaik adalah menanamnya di dalam pot tanah liat dangkal yang memiliki drainase yang sangat baik. Ini akan memastikan bahwa itu berkembang.

Salah satu manfaat utama yang perlu diperhatikan adalah Lola tidak beracun dan aman jika Anda memiliki hewan sehingga Anda dapat menanamnya di mana saja. Oleh karena itu tanaman yang bagus untuk memiliki baik di dalam maupun di luar ruangan. Meskipun tidak beracun, tidak layak untuk dikonsumsi.

Baca Juga

TANAMAN HIAS

Cara Merawat Monstera Obliqua, Tanaman yang Mirip dengan Janda Bolong

FLORA TANAMAN HIAS

Mengenal Tanaman Hias Langka Alocasia Azlanii

FLORA TANAMAN HIAS

Echeveria Lola, Tanaman Hias untuk Mempercantik Pekarangan Rumah

FLORA TANAMAN HIAS

8 Tanaman Hias ini Langka dan Sulit untuk didapatkan

Temukan Kami

©AfricanElephantCrossing 2021