Iguana Laut yang Kerap disebut 'Godzilla' Versi Dunia Nyata

REPTIL

Andre DS

2021-09-21 5 min read

Iguana Laut yang Kerap disebut 'Godzilla' Versi Dunia Nyata

AfricanElephantCrossing.com - Iguana laut adalah satu-satunya kadal lautan di dunia. Mereka juga hanya ditemukan di Galapagos, di mana mereka dapat terlihat beristirahat di pantai berbatu. Dan ya, hewan yang satu ini memiliki bentuk fisik yang sama seperti godzilla yang ada di film. Dan bisa dikatakan kalau iguana laut ini merupakan godzilla versi dunia nyata.

Iguana laut hidup di Kepulauan Galapagos, tempat mereka makan di alga Inter dan subtidal. Mereka memiliki beberapa adaptasi khusus, termasuk mengeluarkan garam dari tubuh mereka, memungkinkan mereka untuk hidup di lingkungan ini. Iguana laut yang hidup di San Cristóbal, Santiago, dan Pulau Genovesa dianggap terancam punah sementara semua populasi lainnya dianggap rentan.

Iguana laut yang hidup di pulau-pulau besar tumbuh lebih lama daripada yang hidup di pulau-pulau kecil. Para ilmuwan juga telah mengamati bahwa mereka dapat mengecilkan ukuran tubuh mereka sekitar 20% berdasarkan fakta ketersediaan makanan.

5 Fakta Iguana Laut yang Menakjubkan!

- Iguana laut hanya hidup di Kepulauan Galapagos.

- Iguana laut adalah satu-satunya spesies kadal yang diketahui menghabiskan waktu di laut.

- Iguana laut makan rumput laut dan ganggang.

- Iguana laut bertelur di garis pantai berbatu.

- Iguana laut hanya menjaga sarangnya jika mereka mengira telurnya akan menggelinding.

Nama Ilmiah Iguana Laut

Nama ilmiah iguana laut adalah Amblyrhynchus cristatus. Bagian pertama dari nama ilmiah ini berasal dari bahasa Yunani, dimana Ambly berarti tumpul dan rhynchus berarti moncong. Bagian kedua nama ilmiahnya berasal dari bahasa latin, dimana cristatus berarti jambul.

Ada 11 subspesies iguana laut, di antaranya:

Amblyrhynchus cristatus cristatus – Iguana laut ini hidup di pulau Isabela dan Fernandina.

Amblyrhynchus cristatus godzilla – Iguana laut ini hidup di sepanjang pantai barat laut Pulau San Cristóbal.

Amblyrhynchus cristatus hassi – Iguana laut ini hidup di Pulau Santa Cruz dan pulau-pulau kecil yang berdekatan.

Amblyrhynchus cristatus hayampi – Iguana laut ini hidup di Pulau Marchena.

Amblyrhynchus cristatus jeffreysi – Pulau Serigala dan Darwin serta Pulau Roca Redonda.

Amblyrhynchus cristatus mertensi – Pantai barat daya Pulau San Cristobal.

Amblyrhynchus cristatus garman – Iguana laut ini hidup di Pulau Genovesa.

Amblyrhynchus cristatus sielmanni – Iguana laut ini hidup di Pulau Pinta.

Amblyrhynchus cristatus trillmichi – Iguana laut ini hidup di Pulau Santa Fe.

Amblyrhynchus cristatus venustissimus – Iguana laut ini hidup di pulau Española, Gardener dan Floreana.

Amblyrhynchus cristatus wikelskii Iguana laut ini hidup di Santiago, Rábida, dan pulau-pulau kecil di dekatnya.

Banyak ahli telah merenungkan asal usul reptil ini. Mereka bertanya-tanya tentang evolusi mereka karena ada sumber makanan di darat yang menurut teori mereka bisa dimakan oleh iguana ini, seperti rekan iguana darat mereka. Perpecahan evolusi antara iguana darat dan laut kemungkinan terjadi lebih dari 5,7 juta tahun yang lalu. Para ilmuwan juga berteori bahwa sebagian besar evolusi mungkin terjadi di lokasi yang jauh dan iguana laut berarung ke Kepulauan Galapagos.

Penampilan Iguana Laut

Penampilan iguana ini bervariasi menurut subspesies, tetapi semuanya memiliki beberapa karakteristik umum, seperti memiliki duri yang dimulai dari leher dan berlanjut hingga ekornya. Kadal air asin ini memiliki tubuh yang tebal dan tungkai yang pendek. Meskipun mereka sering mengalami kesulitan untuk bergerak di darat, bentuk tubuh mereka sangat ideal untuk berenang.

Semua kadal laut berwarna gelap. Adaptasi ini memungkinkan mereka untuk melakukan pemanasan lebih cepat di bawah sinar matahari setelah kembali ke darat dari makan di laut. Setiap kadal laut juga memiliki ekor yang rata. Adaptasi ini membantu mereka bergerak melalui air dengan lebih baik. Masing-masing juga memiliki cakar yang panjang, memungkinkannya untuk memegang permukaan berbatu dengan lebih baik.

Seperti namanya, iguana ini memiliki moncong pendek, membantu mereka untuk makan lebih baik. Kadal laut yang hidup di Kepulauan Galapagos Utara sebagian besar berwarna hitam sementara subspesies yang hidup di Kepulauan Galapagos Selatan memiliki lebih banyak variasi warna. Jantan lebih berwarna daripada betina. Selanjutnya, jantan menjadi lebih cerah selama musim kawin.

Beberapa kadal laut yang paling berwarna-warni hidup di pulau Española, Gardener, dan Floreana memiliki latar belakang punggung kemerahan dengan garis vertebra pirus. Subspesies lain yang sangat berwarna-warni hidup di pulau Española dan Floreana. Kadal ini memiliki titik-titik hitam besar dengan latar belakang oranye terang dan garis lebar tulang belakang berwarna zaitun/abu-abu. Mereka yang berasal dari pulau Marchena atau Isabela memiliki pola tabby.

Ada juga banyak variasi dalam ukuran iguana ini. Umumnya, para ilmuwan membaginya menjadi tiga kategori ukuran. Seperti mereka yang tinggal di pulau Isabela, Tortuga, Fernandina, iguana besar memiliki panjang antara 14 dan 19 inci. Ada juga iguana laut berukuran sedang, seperti yang hidup di Española, Gardner, Floreana, pulau Champion, yang panjangnya antara 10 dan 14 inci. Yang terkecil adalah yang hidup di Pulau Genovesa, dan panjangnya sekitar 8 inci. Umumnya, iguana berukuran lebih besar memiliki duri yang lebih menonjol.

Perilaku Iguana Laut

Iguana ini adalah satu-satunya kadal yang makan di laut. Reptil ini akan makan sekali sehari, dengan jantan pergi lebih jauh ke lepas pantai daripada betina dan remaja tinggal sangat dekat dengan pantai. Setelah iguana air asin menyusu, maka ia harus mengatur ulang detak jantung dan suhu tubuhnya karena tidak memiliki organ dalam yang mengatur fungsi tersebut.

Oleh karena itu, tubuhnya rata dengan batu lava, menyebabkan pembuluh di dada membuka dan menutup sampai iguana mencapai suhu yang tepat agar saluran pencernaan bekerja dengan benar.

Habitat, Makanan dan Reproduksi Iguana Laut

Iguana Laut

Satu-satunya habitat iguana ini adalah di Kepulauan Galapagos. Mereka lebih suka habitat dengan terumbu dangkal di daerah di mana air mencapai saat air pasang. Mereka juga hidup di sepanjang garis pantai berbatu yang tingginya 6,5 ​​hingga 16 kaki di atas permukaan laut.

Jika Anda pergi ke Kepulauan Galapagos, carilah mereka di daerah yang memiliki pasir atau bahan lunak lainnya karena di sanalah mereka bertelur. Biasanya, mereka hidup di garis pantai selatan karena ada lebih banyak aksi gelombang, yang umumnya berarti lebih banyak ganggang untuk dimakan.

Makanan iguana Galapagos hampir secara eksklusif pada ganggang laut. Setidaknya ada sembilan jenis alga berbeda yang mereka sukai. Jika mereka tidak mendapatkan cukup alga, mereka akan jarang memakan belalang, krustasea, dan singa laut setelah lahir. Reptil ini juga dapat mengecilkan ukuran tubuhnya ketika makanan pilihan mereka tidak tersedia. Ganggang yang mereka makan bisa sulit ditemukan selama periode El Nino di Kepulauan Galapagos.

Iguana Galapagos betina mencapai kematangan seksual ketika mereka berusia sekitar 4 tahun, tetapi jantan menunggu sampai mereka berusia sekitar 7 tahun.

Musim kawin berlangsung dari Desember hingga Maret. Jantan berubah warna menjadi lebih cerah selama periode reproduksi ini, tetapi para ilmuwan tidak percaya bahwa ada korelasi antara keberhasilan kawin dan perubahan warna, seperti yang terjadi pada banyak spesies katak.

Ketika seorang pria melihat seorang wanita yang dia minati, dia akan mulai menganggukkan kepalanya dan bergerak ke samping ke arahnya. Betina dapat pindah kapan saja selama skenario reproduksi, dan ritual pacaran berakhir. Jika jantan cukup dekat, dia mulai menggosok kepalanya ke atas dan ke bawah ekor betina.

Dengan asumsi betina mengizinkannya, maka jantan akan menggunakan ekornya untuk memposisikan betina. Sekitar sebulan setelah tindakan itu terjadi, maka betina akan melakukan perjalanan dari 65 kaki hingga 2 mil jauhnya ke daerah berpasir. Begitu dia menemukan tempat yang tepat, maka dia akan mulai menganggukkan kepalanya.

Jika iguana air asin lain tidak keberatan, dia akan menghabiskan sekitar 4 jam menggali lubang dan menyimpan antara satu dan empat telur di dalamnya. Kemudian, betina menghabiskan sekitar 16 hari untuk menjaga telurnya sebelum meninggalkan lokasi. Jika betina tidak dapat menemukan tempat berpasir untuk menggali sarangnya, dia akan tetap bertelur.

Dia akan, bagaimanapun, tinggal di situs untuk menjaga telur. Inkubasi berlangsung antara 89 dan 120 hari. Begitu telur menetas, bayi segera berlari ke celah atau area lain untuk bersembunyi selama beberapa hari. Sementara iguana laut dewasa memiliki sangat sedikit musuh, mudah bagi predator untuk merebut telurnya. Juga mudah bagi musuh untuk menangkap bayi iguana.

Meskipun musuh mungkin mencoba untuk mendapatkannya, bayi iguana harus segera masuk ke dalam air untuk memberi makan karena tidak ada yang memberi mereka makan. Iguana Galapagos dapat hidup 60 tahun di alam liar.

Baca Juga

REPTIL

Yang mana duluan keluar : Taring Ular atau Racunnya?

REPTIL

Iguana Laut yang Kerap disebut 'Godzilla' Versi Dunia Nyata

REPTIL

Spesies Kadal Kayu Berwarna-warni Ditemukan di Peru

AMFIBI REPTIL

6 Fakta Unik Mengenai Salamander Meksiko Axolotls

Rekomendasi Hewan Lainnya

BURUNG

Perbedaan Burung Kuntul dan Bangau

BURUNG

Mengenal Burung Cekakak, si Raja Udang atau Kingfisher

BURUNG

Mengenal Burung Biru Timur atau Eastern Bluebird

BURUNG KARNIVORA

Mengenal Burung Hantu Beluk Jampuk atau Barred Owl

Temukan Kami

©AfricanElephantCrossing 2021