Mengenal Burung Cekakak, si Raja Udang atau Kingfisher

BURUNG

Andre DS

2021-10-05 3 min read

Burung Cekakak, si Raja Udang atau Kingfisher

AfricanElephantCrossing.com - Dengan bulu-bulunya yang cerah dan suara yang nyaring dan melengking, burung kingfisher benar-benar menonjol dari keramaian. Anda dapat sering melihat mereka bertengger di pohon, nyaris tidak bergerak. Tetapi setelah melihat mangsa, mereka segera beraksi dan menukik untuk menangkapnya. Jumlah variasi dalam keluarga kingfisher benar-benar mengesankan.

Fakta Menarik Kingfisher

Orang Yunani kuno mengaitkan banyak mitos aneh tentang burung kingfisher. Salah satu yang paling terkenal adalah mitos "hari tenang", yang mengacu pada periode tenang cuaca cerah di titik balik matahari musim dingin. Orang Yunani percaya bahwa dewa angin menenangkan cuaca sehingga kingfisher disebut tenang agar bisa bertelur dengan tenang. Sumber mitos ini tidak jelas karena kingfisher tidak benar-benar berkembang biak di musim dingin.

Burung kingfisher memiliki kaki yang sangat kuat karena mereka menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bertengger di pohon.

Telur kingfisher berwarna hampir putih bersih.

Dimana Kingfisher bisa ditemukan?

Burung-burung ini ditemukan di hampir setiap wilayah di dunia kecuali untuk iklim kutub dan gurun yang paling ekstrim. Konsentrasi terbesar tampaknya terjadi di daerah tropis seperti Afrika, Asia Selatan, Australia, dan seluruh Pasifik. Sebagian besar spesies hidup di dekat sungai dan danau.

Sarang Kingfisher

Kingfisher memiliki kebiasaan (yang sangat tidak biasa bagi burung) menggali sarang di tepian, rongga pohon, atau gundukan rayap.

Setelah sekitar satu minggu menggali kotoran dengan kaki, burung dewasa akan membuat sarang sepanjang sekitar 3 hingga 6,5 ​​kaki dengan ruang bersarang di ujungnya.

Nama Ilmiah Kingfisher

Nama ilmiah untuk keluarga kingfisher adalah Alcedinidae. Nama ilmiah ini berasal dari nama latin burung, alcedo. Ada sekitar 90 spesies yang saat ini dikenali, masing-masing diklasifikasikan menjadi tiga jenis berbeda: kingfisher pemancing sejati, kingfisher hutan, dan kingfisher Dunia Baru.

Seluruh keluarga kingfisher terkait erat dengan pemakan lebah, roller, dan motmot dalam ordo Coraciiformes.

Ukuran, Penampilan & Perilaku Kingfisher

Kingfisher terlihat aneh diletakan di laboratorium. Ia memiliki kepala yang relatif besar, kaki yang tebal, dan paruh seperti belati yang menempel pada tubuh yang agak kecil, padat, dan ekor yang gemuk.

Spesies terkecil adalah kingfisher kerdil Afrika sepanjang 4 inci, sedangkan spesies terbesar kingfisher raksasa dan suaranya adalah kookaburra dengan lebar sayap 2 kaki dan tubuh 18 inci.

Bulunya biasanya merupakan kombinasi dari biru cerah, hijau, oranye, atau merah dengan segala macam pola dan garis yang berbeda menghiasinya. Beberapa spesies juga memiliki jambul yang menonjol di kepala.

Burung ini lebih menyukai kelompok kecil yang terdiri dari pasangan kawin atau keluarga. Itu bergantung pada rangkaian vokalisasi yang berbeda (termasuk klik, peluit, jeritan, dan kicauan) untuk berkomunikasi satu sama lain.

Suaranya Kookaburra , yang berasal dari Australia, memiliki suara paling merdu dari semua spesies. Seperti namanya, panggilan ini menyerupai tawa yang keras. Kingfisher juga menginvestasikan banyak waktu untuk tetap bersih. Ia akan menyelam ke dalam air untuk membersihkan dan menggosok paruhnya ke cabang agar tetap dalam kondisi murni.

Pola dan Waktu Migrasi Kingfisher

Burung-burung ini, pada dasarnya, jarang berpindah jauh dari wilayah asalnya. Area rumah sangat penting bagi mereka sehingga mereka akan secara agresif mempertahankan wilayah mereka dari penyusup.

Hanya beberapa jenis kingfisher yang melanggar aturan ini. Misalnya, kingfisher berikat adalah spesies migrasi jarak jauh. Burung ini berkembang biak sejauh utara Alaska dan Kanada dan perjalanan sejauh selatan Meksiko dan Amerika Tengah di musim dingin. Kingfisher berikat juga menempati benua Amerika Serikat sepanjang tahun.

Makanan Kingfisher

Meskipun burung ini omnivora, mereka tampaknya paling banyak beradaptasi untuk berburu dan memakan daging. Strategi berburu favoritnya adalah mengamati lingkungan di sekitarnya dari tangkai atau dahan pohon dan kemudian menyambar mangsa yang tidak menduga.

Jika mangsanya masih hidup dan menggeliat, maka kingfisher dapat memukulnya ke tempat bertengger untuk menaklukkannya.

Dengan nafsu makannya yang rakus, kingfisher memiliki kemampuan untuk mencerna mangsa yang bahkan lebih besar dari seluruh tubuhnya.

Terkadang, mangsa akan keluar dari mulut karena sebagian sedang dicerna di perut.

Terlepas dari namanya, kebanyakan jenis tidak dikhususkan pada ikan saja. Mereka adalah pemburu yang sangat oportunistik yang akan memakan serangga, ular, kadal, laba-laba, kepiting, tikus, kalajengking, buah beri, dan bahkan burung yang lebih kecil.

Makanan yang betul tergantung pada makanan lokal yang tersedia.

Predator dan Ancaman Kingfisher

Burung-burung ini menghadapi beberapa ancaman di alam liar dari pemangsa alami, hilangnya habitat, dan pemangsa yang dikenal sama sekali.

Seekor burung dewasa hanya memiliki sedikit predator alami di alam liar. Ia dapat menghindari sebagian besar hewan dengan terbang di sekitar pohon atau menyelam ke dalam air.

Hanya burung pemangsa yang biasanya cukup cepat dan gesit untuk mengikutinya di udara. Rakun, sigung, dingo, rubah, ular, luwak, dan simpanse semuanya dikenal sebagai pemangsa telur kingfisher yang jauh lebih rentan.

Populasi Kingfisher

Keluarga kingfisher, secara keseluruhan, dalam keadaan yang sangat baik. Sebagian besar spesies umumnya dianggap oleh organisasi konservasi sebagai yang paling tidak diperhatikan.

Kingfisher umum mungkin adalah spesies yang paling tersebar luas dengan sekitar 700.000 hingga 1,4 juta individu dewasa di alam liar. Kingfisher raksasa dan berikat juga cukup kuat.

Namun, beberapa kingfisher paling langka di dunia, termasuk kingfisher Marquesas dan kingfisher Tuamotu, keduanya mendiami Kepulauan Pasifik kecil, terancam punah.

Kingfisher Mikronesia, dalam kondisi terburuk, benar-benar punah di alam liar. Hanya sekitar 150 individu yang ada di penangkaran, beberapa di antaranya disimpan di Kebun Binatang San Diego.

Baca Juga

BURUNG

Perbedaan Burung Kuntul dan Bangau

BURUNG

Mengenal Burung Cekakak, si Raja Udang atau Kingfisher

BURUNG

Mengenal Burung Biru Timur atau Eastern Bluebird

BURUNG KARNIVORA

Mengenal Burung Hantu Beluk Jampuk atau Barred Owl

Hewan Menarik Lainnya

REPTIL

Yang mana duluan keluar : Taring Ular atau Racunnya?

AMFIBI

Fakta, Bentuk, Habitat dari Katak Kaca

REPTIL

Iguana Laut yang Kerap disebut 'Godzilla' Versi Dunia Nyata

SERANGGA

Mengenal Ngengat Tentara, Serangga Pemakan Daun Beracun

Temukan Kami

©AfricanElephantCrossing 2021