Kucing Karakal : Deskripsi, Habitat, Makanan dan Status Konservasi

MAMALIA

Andre DS

2021-10-02 3 min read

Kucing Karakal (Caracal Caracal)

AfricanElephantCrossing.com - Kucing Karakal (Caracal caracal) juga disebut sebagai Lynx Persia atau Lynx Afrika meskipun bukan bagian dari keluarga Lynx. Ini lebih terkait dengan Serval dan Kucing Emas Afrika. Nama kucing ini berasal dari kata Turki 'karakulak' yang berarti 'telinga hitam' dan telinga hitam adalah ciri khas kucing karakal.

Meskipun caracal dianggap sebagai kucing kecil dibandingkan dengan kucing liar lainnya, ia termasuk yang terberat dan tercepat. Kucing Caracal tersebar di Afrika Utara, Semenanjung Arab dan Asia Barat.

Deskripsi Kucing Karakal

Caracal adalah kucing berukuran sedang yang berukuran sekitar 60 – 92 sentimeter (2 – 3 kaki) di kepala dan panjang tubuh dengan ekor 23 – 31 sentimeter (9 – 12 inci).

Caracal berdiri sekitar 38 – 50 sentimeter (15 – 20 inci) di bahu. Caracal jantan memiliki berat 13 – 19 kilogram (29 – 42 pon), betina sedikit lebih kecil dan beratnya kurang dari 30 pon.

Caracal jantan dan betina sangat mirip dalam penampilan. Caracal memiliki penampilan yang lebih ramping dan kaki yang lebih panjang daripada lynx. Kaki belakang caracal terlihat lebih panjang daripada kaki depannya.

Telinga mereka memanjang dan memiliki jumbai hitam panjang yang tumbuh dengan ukuran sekitar 1 – 2 inci panjangnya. Telinga mereka digunakan untuk mencari mangsa dan dikendalikan oleh 20 otot individu.

Caracal memiliki garis hitam sempit yang memanjang dari mata mereka ke hidung mereka dan mereka tidak memiliki kumis samping. Warna bulu mereka berkisar dari coklat kemerahan, abu-abu hingga warna berpasir terang.

Dagu, tenggorokan, dan perut mereka berwarna putih. Anak kucing caracal memiliki bintik-bintik kemerahan di bagian bawahnya, orang dewasa tidak memiliki tanda.Pupil mata caracal berkontraksi membentuk lingkaran, bukan celah seperti pada kucing lain.

Habitat

Habitat Kucing Caracal terutama hutan semak belukar, stepa kering, semi gurun, hutan dan sabana.

Biasanya menggunakan liang yang ditinggalkan atau celah-celah batu sebagai sarang induk.

Makanan

Caracal adalah karnivora yang ketat dan memiliki rahang yang sangat kuat. Kucing Caracal biasanya berburu di malam hari selama musim panas dan siang hari di musim dingin. Mereka berburu sendirian atau berpasangan.

Caracal adalah pemakan rewel dan dikenal mengabaikan organ internal mamalia dan sebagian mencabut bulu dari hyrax (mamalia herbivora yang cukup kecil, tebal) dan mangsa besar.

Kucing Caracal menghindari makan rambut dengan mencukur daging dengan rapi dari kulitnya. Namun, ia akan memakan bulu burung kecil dan toleran terhadap daging busuk. Caracal dapat bertahan hidup dalam waktu lama tanpa air, rasa haus mereka terpuaskan dengan cairan tubuh mangsanya.

Mangsa biasanya dalam bentuk tikus kecil dan kelinci, namun, mereka diketahui menyerang mamalia yang lebih besar seperti kijang dan kijang dan bahkan akan menyerang burung unta kecil.

Caracal juga terkenal karena keterampilan berburu dan menangkap burung yang terbang rendah karena mereka dapat memanjat dan melompat dengan sangat baik.

Mereka memiliki pendengaran dan penglihatan yang sangat baik dan mengintai mangsanya sebelum menangkapnya dengan lompatan cepat.

Perilaku

Caracal sangat teritorial dan menandai wilayah mereka dengan urin. Caracal sangat mudah dijinakkan dan telah digunakan sebagai kucing pemburu di India dan Iran.

Caracals mampu bersembunyi dengan sangat baik dan meskipun jumlahnya cukup banyak, karena kemampuan bersembunyi ini, mereka sangat jarang terlihat di alam liar.

Vokalisasi termasuk miaows, geraman, desis dan panggilan batuk. Kombinasi kekuatan, kecepatan, dan kelincahan mereka membuat caracal menjadi predator yang tangguh.

Kembang Biak

Caracal kawin sepanjang tahun dan individu berpasangan hanya untuk berkembang biak. Caracal betina memiliki masa kehamilan lebih dari 2 bulan (10 – 11 minggu). Banyak rata-rata melahirkan adalah 3 anak kucing.

Anak-anak Caracal rentan terhadap predator dan oleh karena itu diasuh oleh ibu mereka selama 10 – 11 bulan setelah lahir. Anak kucing cukup kusam dalam warna saat lahir dan dapat membuka mata mereka setelah sekitar 10 hari. Mereka sudah bisa makan makanan padat pada usia sekitar 2 bulan.

Caracal mencapai kematangan seksual antara 6 - 24 bulan. Rentang hidup caracal di alam liar adalah sekitar 12 tahun dan 17 tahun di penangkaran.

Status Konservasi

Caracal diklasifikasikan sebagai 'Tidak Dikhawatirkan' oleh IUCN. Caracal terkadang dipelihara sebagai hewan peliharaan dan dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan manusia.

Namun, beberapa petani menganggap mereka sebagai hama karena kebiasaan mereka yang sering memanjat pagar dan memakan ayam dan unggas lainnya. Caracal sering dibunuh karena dicurigai memangsa ternak kecil. Mereka juga diburu untuk diambil bulu dan dagingnya.

Baca Juga

MAMALIA

Kucing Karakal : Deskripsi, Habitat, Makanan dan Status Konservasi

HERBIVORA MAMALIA

Mengenal Tapir Asia, Hewan Imut yang Terancam Punah

MAMALIA KARNIVORA

Mengenal Singa Asia : Fakta, Habitat, Makanan dan Populasi

MAMALIA KARNIVORA

Anjing Liar Afrika : Habitat, Makanan, Reproduksi dan Status Konservasi

Hewan Menarik Lainnya

BURUNG

Perbedaan Burung Kuntul dan Bangau

BURUNG

Mengenal Burung Cekakak, si Raja Udang atau Kingfisher

BURUNG

Mengenal Burung Biru Timur atau Eastern Bluebird

REPTIL

Yang mana duluan keluar : Taring Ular atau Racunnya?

Temukan Kami

©AfricanElephantCrossing 2021