Laba-laba Merak, Invertebrata Mungil yang Menakjubkan

INVERTEBRATA FAUNA

Andre DS

2021-09-20 2 min read

Laba-Laba Merak yang Menakjubkan

AfricanElephantCrossing.com - Tak selalu menyeramkan, laba-laba Merak ini mungkin kecil, tetapi mereka juga laba-laba paling spektakuler, penuh warna, dan berenergi tinggi di dunia.

Ketika laba-laba muncul di benak Anda, Anda mungkin membayangkan perayap menyeramkan seperti Black Widow dan rumah berhantu yang dipenuhi sarang laba-laba. Namun, dunia laba-laba jauh lebih beragam, dan mungkin jauh lebih manis, daripada yang Anda kira. Laba-laba merak, yang dikenal karena tarian kawinnya yang rumit dan perutnya yang berwarna fantastis, adalah salah satu spesies tersebut. Kira-kira seukuran kuku, laba-laba merak sangat menggemaskan.

Joseph Schubert, ahli entomologi di Museum Victoria di Australia, telah menjelaskan tujuh spesies laba-laba baru secara rinci, beberapa di antaranya telah ditemukan oleh yang lain. Ini membawa jumlah spesies laba-laba yang diketahui menjadi 86 di dunia. Laba-laba baru ini menunjukkan pola yang unik, mulai dari lukisan Starry Night karya Vincent Van Gogh yang terkenal hingga lautan bergaris oranye yang cemerlang.

Mengapa Disebut Laba-laba "Merak"?

Laba-laba merak adalah laba-laba lompat kecil yang ukurannya berkisar dari dua hingga enam milimeter. Sementara laba-laba merak betina hadir dalam warna polos coklat atau krem, laba-laba jantan jauh lebih eksotis.

Laba-laba jantan dilengkapi dengan sisik yang berkilauan dan lipatan perut lateral yang mereka gunakan untuk merayu betina dalam tarian kawin yang rumit. Dalam tarian ini, pejantan melompat-lompat, mengangkat perut ke atas dan ke bawah, mengayunkan kaki ketiga, dan melebarkan sayap samping.

Selain menunjukkan warna dan gerakan yang mencolok, gerakan perut pria juga menghasilkan getaran sederhana. Semua ini mirip dengan kinerja burung merak jantan saat merekrut pasangan, memberi nama laba-laba unik ini.

Dimana Laba-laba Merak Hidup?

Laba-laba merak hidup secara eksklusif di bagian selatan Australia dan telah ditemukan di berbagai habitat -- mulai dari padang rumput dan bukit pasir hingga semak belukar. Laba-laba umumnya paling aktif di sekitar musim kawin dengan jantan dewasa muncul dari Agustus hingga Desember ketika musim semi di belahan bumi selatan. Betina dewasa muncul sedikit kemudian, meskipun mereka juga mundur pada bulan Desember untuk bertelur dan menjaga kantung telur mereka.

Apa yang Dimakan Laba-laba Merak?

Laba-laba merak memanfaatkan penglihatan mereka yang tajam, penglihatan warna yang superior, dan taring berbisa untuk memangsa berbagai serangga, serta laba-laba lainnya yang menyelinap di belakang korban yang tidak diketahui dan menerkam mereka.

Sebelum Anda khawatir, taring laba-laba merak sangat kecil sehingga praktis tidak berbahaya bagi manusia. Laba-laba merak adalah makhluk yang menawan, dan seperti yang dikatakan Schubert sendiri, "ada lebih banyak lagi yang bisa ditemukan." Bisakah Anda menjadi orang berikutnya yang menemukan spesies baru laba-laba merak?

Berapa lama mereka bisa hidup?

Laba-laba merak hidup kira-kira selama satu tahun, sekitar setengahnya dihabiskan untuk tumbuh dewasa. Jadi pada saat mereka dewasa mereka hanya hidup beberapa bulan lagi.

Anak-anak muda muncul dari telur di musim panas Australia dan kemudian melalui beberapa mabung dari mana mereka muncul sedikit lebih besar dan dengan beberapa sisik lagi di tubuh mereka. Moulting ini terjadi di dalam amplop sutra atau kantung ganti kulit dan laba-laba menjadi tidak bergerak selama waktu ini.

Setiap episode moulting dapat berlangsung selama beberapa minggu dan laba-laba tidak mengkonsumsi makanan apapun selama proses tersebut. Kantung ganti kulit sering kali tertutup puing-puing dan kemudian tidak mungkin terlihat di antara tanah atau serasah di sekitarnya.

Setelah mabung terakhir, biasanya beberapa waktu di musim semi (September - November) laba-laba memiliki warna dewasa dan alat kelamin yang berfungsi penuh. Mereka sekarang dapat kawin dan selama beberapa bulan berikutnya pejantan sibuk merayu betina.

Betina yang kawin menghasilkan telur segera setelah itu dan kemudian memelihara induknya di dalam kantung telur selama sekitar satu bulan sampai anakan cukup besar untuk diberi makan. Ibu dan anak kemudian muncul bersama-sama dari kantung telur.

Anak-anak muda bubar dan tidak mungkin bertemu ibu mereka lagi. Pada akhir musim panas, sangat sedikit laba-laba merak dewasa yang dapat dilihat, sebagian besar telah mati.

Baca Juga

INVERTEBRATA FAUNA

Laba-laba Merak, Invertebrata Mungil yang Menakjubkan

SERANGGA

Mengenal Ngengat Tentara, Serangga Pemakan Daun Beracun

SERANGGA

10 Serangga Lucu dan Imut yang ada di Dunia

INVERTEBRATA

Apa itu Hewan Invertebrata?

Rekomendasi Hewan Lainnya

BURUNG

Perbedaan Burung Kuntul dan Bangau

BURUNG

Mengenal Burung Cekakak, si Raja Udang atau Kingfisher

BURUNG

Mengenal Burung Biru Timur atau Eastern Bluebird

REPTIL

Yang mana duluan keluar : Taring Ular atau Racunnya?

Temukan Kami

©AfricanElephantCrossing 2021