Mengenal Ngengat Tentara, Serangga Pemakan Daun Beracun

SERANGGA

Andre DS

2021-09-16 3 min read

Mengenal Ngengat Tentara

AfricanElephantCrossing.com - Ngengat tentara termasuk dalam keluarga hawk-moth atau Sphingidae, tersebar luas di Asia, Afrika, dan Kepulauan Hawaii. Mereka dinamai demikian karena larva spesies ini memakan daun oleander beracun yang telah mereka peroleh kekebalannya.

Berasal dari Asia, Afrika, dan sebagian Eropa, Oleander Hawk Moth tiba di Hawaii pada tahun 1970-an. Anggota keluarga Sphinx Ngengat ini besar seperti sepupunya. Lebar sayap orang dewasa dapat meregang hingga hampir 10cm (4 inci). Sayap adalah kolase warna hijau mulai dari hijau muda hingga zaitun hingga hijau hutan gelap. Tambal sulam hijau ini menyerupai seragam kamuflase yang dikeluarkan di militer. Karena itulah, Oleander Hawk Moth disebut juga sebagai Ngengat Tentara. Kakinya berwarna cokelat. Sebuah bintik mata cokelat duduk di setiap sayap di mana ia menempel pada tubuh. Sayap depan memiliki sedikit warna merah muda di tepi bagian dalam. Pita dan garis putih, coklat, dan cokelat bersilangan di atas sayap. Perut (tubuh) berwarna hijau dengan sabuk hitam dan cokelat di tengahnya.

Ulatnya montok dan berwarna hijau. Dua bintik mata biru muda yang dikelilingi warna hitam dapat dilihat tepat di belakang kepala di sisi punggung (belakang). Garis putih membentang di sepanjang tubuh di kedua sisi. Tanduk oranye-kuning di bagian belakang menyerupai duri atau sengat. Seluruh ulat menjadi coklat tua sebelum menjadi kepompong. Cari kotak kepompong berwarna coklat dengan titik-titik hitam di serasah daun di tanah.

Larva Oleander Hawk Ngengat memakan dedaunan oleander, memiliki kekebalan dari bahan kimia di tanaman beracun ini. Mereka juga memakan vinca, anggur, gardenia, dan anggota keluarga dogbane seperti kain melati. Orang dewasa minum nektar dari bunga beraroma seperti honeysuckle, petunia, dan melati. Mereka paling aktif di jam-jam cahaya redup, terutama senja, membuatnya semakin sulit untuk melihatnya dalam elemen alaminya.

Deskripsi Fase Hidup

Ulat

Ulat Ngengat Tentara

Larva baru memiliki panjang 0,3 – 0,4 cm dengan tubuh kuning cerah dan tanduk hitam panjang di bagian belakang. Warna larva yang lebih tua bervariasi dari hijau ke coklat, dan mereka juga menghiasi bintik mata besar berwarna putih kebiruan di dekat kepala di samping tanduk kuning di bagian belakang. Sebuah pita putih dengan titik-titik biru dan putih bahkan dapat dilihat di satu bagian tubuh, bersama dengan spirakel hitam. Mereka tumbuh sekitar 7,5 - 8,5 cm. Saat mereka bersiap untuk fase kepompong, larva akhirnya menjadi coklat. Selain daun oleander, larva juga memakan beberapa spesies dogbane.

Kepompong

Kepompong Ngengat Tentara

Kepompong, panjang 5,5 – 7,5 cm, berwarna coklat muda atau coklat kemerahan, dengan garis atau bintik hitam di tengahnya. Sebagian besar terletak di dalam daun kering atau lumut.

Ngengat Dewasa

Ngengat Tentara Dewasa
Ngengat Tentara Dewasa (2)

Dimorfisme Seksual: Tidak direkam

Warna dan Penampilan

Sayap depan: Ketika dibuka, sayap depam tampak berwarna hijau zaitun, dengan semburat coklat kemerahan di depan, dan pita segitiga keabu-abuan di atas, serta bintik hitam di dekat pangkal. Saat ditutup, warnanya tetap sama, meski warna hijaunya sedikit kurang menonjol.

Sayap Belakang: Saat dibuka, sayap belakang memiliki warna hijau keabu-abuan dengan garis putih melengkung di tengah dan bintik putih di ujungnya. Saat ditutup, pola hijau keabu-abuan tetap ada, meskipun garis putihnya tidak terlihat.

Ciri fisik lainnya termasuk kepala hijau dengan bercak coklat kemerahan di depan dan pita segitiga keabu-abuan di atasnya. Perutnya berwarna hijau zaitun dengan garis hitam dan cokelat yang berpotongan di tengahnya, sementara toraksnya juga berwarna hijau.

Lebar sayap rata-rata: 9 – 13 cm

Pola penerbangan: Tidak menentu Musim: Agustus – Oktober

Telurnya kecil, bulat, dan berwarna hijau pucat.

Baca Juga

SERANGGA

Mengenal Ngengat Tentara, Serangga Pemakan Daun Beracun

SERANGGA

10 Serangga Lucu dan Imut yang ada di Dunia

Rekomendasi Hewan Lainnya

BURUNG

Perbedaan Burung Kuntul dan Bangau

BURUNG

Mengenal Burung Cekakak, si Raja Udang atau Kingfisher

BURUNG

Mengenal Burung Biru Timur atau Eastern Bluebird

REPTIL

Yang mana duluan keluar : Taring Ular atau Racunnya?

Temukan Kami

©AfricanElephantCrossing 2021