Mitos dan Manfaat dari Bunga Wijaya Kusuma yang Fenomenal

FLORA BUNGA

2021-08-30

Mitos dan Manfaat dari Bunga Wijaya Kusuma yang Fenomenal

AfricanElephantCrossing.com - Bunga Wijaya Kusuma atau kerap disebut dengan Sang Ratu Malam merupakan bunga unik yang mekar sekali dalam setahun dan hanya terjadi di malam hari. Dibalik keunikan mengenai bunga Wijaya Kusuma, terdapat mitos yang beredar di kalangan masyarakat dan juga yang ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Bunga ini disebut dengan Sang Ratu Malam karena hanya mekar pada malam hari dan sangat sulit untuk diprediksi kapan waktunya akan mekar. Namun dibalik keunikannya, terdapat mitos dan manfaat yang baik untuk kesehatan. Simak dibawah ini!

Mitos Dari Bunga Wijaya Kusuma

Disebut dengan mitos karena dipercaya masyarakat dan sudah diceritakan dari generasi ke generasi. Berikut beberapa mitos yang beredar di kalangan masyarakat mengenai bunga Wijaya Kusuma atau Sang Ratu Malam:

* Flora yang satu ini dipercaya membawa keberuntungan. Banyak yang mempercayai bahwa dengan menanam tanaman ini dapat membawa keberuntungan kepada pemeliharanya.

* Dipercaya membawa kemakmuran. Di Indonesia, mitos tentang bunga ini sudah ada sejak zaman kerajaan-kerajaan dulu. Dimana pada masa itu dipercayai bahwa suatu kerajaan akan makmur, jika didalam pekarangan istana terdapat tanaman bunga wijayakusuma dan sampai bisa mekar sempurna di tengah malam.

* Bunganya para bangsawan. Pada zaman dahulu, bunga Wijaya Kusuma merupakan bunga favorit para Raja dan Ratu. Bahkan bunga ini dianggap sebagai kado istimewa yang diberikan Raja kepada Ratu.

* Dalam Mitologi Jawa, tanaman ini dipercayai dapat menghidupkan orang yang sudah mati. Agak tidak masuk akan kan? Ya namanya juga Mitologi.

* Beberapa kalangan masyarakat yang berada di Yogyakarta dan Surakarta, mempercayai bahwa bunga ini merupakan salah satu syarat yang harus di miliki oleh calon raja. Bunga ini juga dipercaya sebagai pusaka keraton dan merupakan titisan Dewa Wisnu.

* Bunga Wijaya Kusuma merupakan bunga kesayangan Ratu Selatan atau Nyi Roro Kidul. Kepercayaan masyarakat Jawa yang menganggap bunga wijaya kusuma diciptakan khusus sebagai sesajen untuk si penguasa Pantai Selatan tersebut.

* Dianggap dapat mengangkat derajat seseorang. Karena dianggap sebagai tanaman spesial yang dimiliki para bangsawan, banyak orang yang menanam bunga ini dengan harapan derajatnya diangkat layaknya seorang bangsawan.

Manfaat dari Bunga Wijaya Kusuma yang Baik untuk Kesehatan

Dibalik benar atau tidaknya mitos diatas, ternyata tanaman ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Apa sajakah manfaat itu? Dilansir dari beberapa sumber berikut manfaatnya.

1. Mengatasi Radang Tenggorokan

Bunga Wijaya kusuma memiliki kandungan yang bisa mengatasi radang tenggorokan.

Caranya yaitu, ambil 5-10 kelopak bunga, bersihkan, dan rebus di dalam air panas. Tunggu hingga dingin, lalu saring, kemudian minum dan lakukan secara rutin untuk hasil maksimalnya.

2. Mengatasi TBC

Salah satu cara mengatasi TBC secara alami, yaitu dengan cara mengonsumsi ekstrak bunga wijaya kusuma. Kandungan ekstrak yang terdapat di dalam bunga ini berperan untuk mengobati TBC. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu merebus bunga ini dan mengonsumsinya secara teratur dan berkala.

3. Melancarkan Sembelit atau Buang Air Besar

Sembelit atau susah buang air besar merupakan masalah yang dapat dialami oleh semua orang. Nah, manfaat dari bunga wijaya kusuma juga bisa melancarkan buang air besar. Caranya yaitu, rebus 500 cc air atau setara 2 gelas,  kemudian masukkan 20 gram bunga dan juga batang wijaya kusuma. Selanjutnya, campurkan dengan 70 gram lidah buaya, dan panaskan hingga air rebusannya tersisa setengah dari air rebusan awal. Kemudian tunggu hingga mendingin dan minum sampai habis. Kamu bisa mengonsumsinya secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal, seperti 2x sehari.

4. Mengobati Bisul

Manfaat lainnya dari bunga wijaya kusuma adalah dapat mengobati bisul yang ada di bagian tubuh. Caranya cukup mudah, yaitu ambil 10-15 gram bunga wijaya kusuma, lalu giling sampai halus dan tambahkan sedikit air agar mengental. Kamudian olehkan secara rutin sampai bisulnya menghilang.

Demikian artikel mengenai Mitos dan Manfaat dari bunga Wijaya Kusuma, semoga bermanfaat!

Temukan Kami

©AfricanElephantCrossing 2021