Perbedaan Burung Kuntul dan Bangau

BURUNG

Andre DS

2021-10-15 4 min read

Perbedaan Burung Kuntul dan Bangau

AfricanElephantCrossing.com - Apakah kamu melihat burung air berwarna putih berterbangan di langit dan bertanya-tanya apakah itu bangau atau kuntul? Kamu tidak sendiri. Kebingungan antara burung-burung ini cukup umum, mengingat keduanya berasal dari keluarga yang sama.

Cara termudah untuk membedakan antara burung bangau dan burung kuntul adalah warnanya. Burung bangau dapat memiliki warna bulu yang bervariasi, sementara burung kuntul lebih condong berbulu putih atau halus. Selain itu, meskipun burung kuntul tidak memiliki hiasan bulu seperti yang terlihat pada bangau, mereka menampilkan bulu bulu indah yang berkembang biak yang unik untuk spesies mereka.

Karena burung bangau dan burung kuntul tidak memiliki perbedaan biologis di antara mereka, garis antara spesies ini dapat dengan mudah dikaburkan.

Dalam artikel ini, kami telah mengumpulkan semua informasi tentang burung-burung ini yang dapat membedakan keduanya.

Sekilas Antara Burung Bangau dan Kuntul

Sebelum kita membahas tentang burung bangau dan kuntul, mari kita bahas dulu apa itu burung air. Setiap burung yang menghuni daerah di dalam atau di sekitar badan air (baik air tawar maupun air asin) dikenal sebagai “burung air”.

Mungkin mengejutkan bagi sebagian orang, tetapi bangau dan kuntul bukan satu-satunya yang memiliki penampilan (struktur tubuh) yang mirip. Bangau, bangau, ibis, dan spoonbill semuanya memiliki kemiripan dengan bangau juga.

Namun, burung-burung ini termasuk dalam keluarga dan genus yang berbeda dan memiliki beberapa atau perbedaan lain yang dapat dengan mudah membedakan mereka.

Sayangnya, hal itu tidak selalu terjadi pada bangau dan kuntul. Berikut perbandingan antara burung bangau dan kuntul:

Perbandingan ukuran : Baik bangau maupun kuntul memiliki ukuran tubuh yang kurang lebih sama. Namun, semua anggota terbesar dari keluarga Ardeidae adalah bangau.

Perbandingan tinggi badan: Bangau memiliki tinggi sekita 3.11-5 kaki (120-152 sentimeter), sementara kuntul memiliki tinggi 3,3 kaki (100 sentimeter).

Perbandingan berat : Rata-rata bangau memiliki berat sekitar 4-5 kg, sementara kuntul hanya 1 kg.

Perbedaan Utama Dalam Penampilan

Famili Ardeidae adalah famili burung air yang terdiri dari bangau, pahit, dan kuntul. Menurut Kongres Ornitologi Internasional (IOC), 74 spesies yang diakui dalam keluarga dibagi menjadi 18 genera yang berbeda.

Sayangnya, lima burung dari keluarga ini (semua spesies bangau) telah punah, yang menyisakan 43 spesies bangau, 15 spesies pahit, dan 9 spesies kuntul. Sekarang, kita akan melihat semua spesies bangau, pahit, dan kuntul yang ditemukan di Amerika Utara.

Spesies bangau yang ditemukan di Amerika Utara:
1. Bangau Biru Besar (Ardea herodias)
2. Kakao Bangau (Ardea cocoi)
3. Bangau Abu-Abu (Ardea cinerea)
4. Bangau Ungu (Ardea purpurea)
5. Bangau Tiga Warna (Egretta triwarna)
6. Bangau bersiul (Syrigma sibilatrix)
7. Bangau Karang Barat (Egretta gularis)
8. Bangau Hijau (Butorides virescens)
9. Bangau Tertutup (Pilherodius pileatus)
10. Bangau Lurik (Butorides striata)
11. Agami Bangau (Agamia agami)
12. Bangau Paruh Perahu (Cochlearius cochlearius)
13. Burung bangau mahkota hitam (Nycticorax nycticorax)
14. Burung bangau mahkota kuning (Nyctanassa violacea)
15. Bangau Macan Telanjang (Tigrisoma mexicanum)
16. Bangau Macan (Tigrisoma fasciatum)
17. Bangau Macan Rufescent (Tigrisoma lineatus)
18. Bangau Tambak Cina (Ardeola bacchus)

Spesies bangau yang ditemukan di Indonesia:
1. Bangau Bluwok (Mycteria leucocephala)
2. Bangau TongTong (Leptoptilos javanicus)
3. Bangau Storm (Ciconia stormi)


Spesies burung kuntul yang ditemukan di Amerika Utara:
1. Kuntul Besar (Ardea alba)
2. Kuntul Salju (Egretta thula)
3. Kuntul Kemerahan (Egretta rufescens)
4. Kuntul Sapi (Bubulcus ibis)
5. Kuntul Kecil (Egretta garzetta)
6. Kuntul Menengah (Ardea intermedia)
7. Kuntul Cina (Egretta eulophotes)

Spesies burung kuntul yang ditemukan di Indonesia:
1. Kuntul Kecil (Egretta garzetta)
2. Kokokan Laut (Butorides striatus atau Ardea striatus)
3. Cangak Merah (Ardea Purpurea)
4. Cangak Laut (Ardea sumatrana)
5. Kuntul Perak (Ardea intermedia, Egretta intermedia, atau Mesophoyx intermedia)
6. Kuntul Luhur (Ardea alba, Egretta alba)
7. Kuntul Kerbau (Bubulcus ibis atau Ardea ibis)
8. Kuntul Karang (Egretta sacra atau Ardea sacra

Perbedaan Tampilan

Karena kuntul telah dipisahkan dari bangau lainnya berdasarkan penampilan mereka, masuk akal untuk membahasnya terlebih dahulu. Mari kita pelajari lebih lanjut tentang seperti apa burung-burung ini. Baik bangau maupun kuntul berukuran sedang hingga besar dan memiliki kaki yang panjang, yang memungkinkan mereka mencari makan di perairan dangkal habitatnya.

Paruh burung ini berbentuk agak seperti tombak, yang memudahkan mereka untuk menangkap ikan. Ketebalan paruh dapat bervariasi dari satu spesies ke spesies lainnya. Meskipun kedua burung ini cukup tinggi, namun tinggi mereka tampak berkurang karena lehernya yang melengkung. Karena bentuk vertebra serviks yang dimodifikasi, mereka memiliki leher berbentuk S yang dapat ditarik dan diperpanjang sesuka hati.

Namun, perbedaan umum antara burung ini dan burung berleher panjang lainnya adalah bahwa mereka menarik leher mereka saat bertarung, sedangkan yang lain memanjangkannya. Baik bangau dan kuntul menunjukkan sedikit dimorfisme seksual, dengan kedua jenis kelamin tampak sama, terutama di musim tidak kawin. Kedua burung ini memiliki sayap yang lebar dengan bulu yang lembut. Sekarang kita telah membahas dasar-dasar penampilan mereka, mari kita jelajahi perbedaannya:

Perbedaan Utama Dalam Penampilan

Perbedaan signifikan pertama antara bangau dan kuntul adalah ukurannya. Meskipun ada spesies kecil dan besar di kedua kelompok, anggota keluarga bangau umumnya lebih besar.

Misalnya, spesies bangau terbesar, Goliath Heron (Ardea goliath), memiliki tinggi rata-rata 3,11-5 kaki. Di sisi lain, Kuntul Besar (Egretta alba), spesies kuntul terbesar, hanya mencapai ketinggian 3,3 kaki. Perbedaan penting lainnya antara burung-burung ini adalah warna bulu mereka.

Bangau dapat memiliki warna bulu yang bervariasi, dengan beberapa dari mereka bahkan memiliki dua warna di tubuh bagian atas mereka, seperti Bangau Biru Besar (Ardea Herodias). Namun, kuntul tidak menampilkan variasi seperti itu; burung-burung ini sebagian besar memiliki bulu putih atau bulu halus.

Hanya ada beberapa pengecualian untuk ini, seperti Slaty Egret (Egretta vinaceigula), Black Egret (Egretta ardesiaca), dan Reddish Egret (Egretta rufescens). Meskipun ada beberapa pengecualian, kuntul biasanya memiliki leher yang lebih tebal daripada bangau. Selain itu, enam spesies kuntul mampu menumbuhkan bulu bulu putih yang khas selama musim kawin.

Kualitas ini tidak begitu mendalam pada kelompok bangau, di mana bangau lebih cenderung memiliki jambul daripada bulu. Terakhir, semua kuntul memiliki kaki berwarna hitam, sedangkan kaki bangau biasanya berwarna kuning. Paruh kuntul juga jauh lebih ringan daripada paruh bangau.

Perbedaan Lainnya

Ada beberapa perbedaan kecil lainnya antara burung air ini yang dapat membedakan mereka dari selain penampilan mereka. Yang pertama adalah keragaman. Karena spesies bangau jelas lebih besar jumlahnya daripada kuntul, mereka memiliki lebih banyak keragaman.

Bangau juga memiliki kebiasaan bersarang yang aneh. Terlepas dari ukurannya, burung ini lebih suka bersarang pada ketinggian tertentu, seperti puncak pohon. Sarang mereka dikenal sebagai "Heronries." Di sisi lain, kuntul tidak berbagi reservasi seperti itu dan bersarang lebih rendah, lebih dekat ke tanah.

Burung-burung ini biasanya membangun sarangnya di semak-semak di sekitar perairan dangkal. Selain itu, mereka mungkin memilih untuk bersarang di semak-semak juga, pada jarak yang aman dari air. Dalam hal terbang, burung-burung ini juga berbeda satu sama lain.

Bangau jauh lebih baik dalam terbang daripada kuntul. Bangau memiliki penerbangan yang bersih, sedangkan kuntul adalah penerbang yang ceroboh. Kaki mereka terus gemetar sepanjang penerbangan.

Sumber: databurungindonesia, wikipedia dan lainnya.

Baca Juga

BURUNG

Perbedaan Burung Kuntul dan Bangau

BURUNG

Mengenal Burung Cekakak, si Raja Udang atau Kingfisher

BURUNG

Mengenal Burung Biru Timur atau Eastern Bluebird

BURUNG KARNIVORA

Mengenal Burung Hantu Beluk Jampuk atau Barred Owl

Rekomendasi Hewan Lainnya

REPTIL

Yang mana duluan keluar : Taring Ular atau Racunnya?

REPTIL

Iguana Laut yang Kerap disebut 'Godzilla' Versi Dunia Nyata

REPTIL

Spesies Kadal Kayu Berwarna-warni Ditemukan di Peru

AMFIBI REPTIL

6 Fakta Unik Mengenai Salamander Meksiko Axolotls

Temukan Kami

©AfricanElephantCrossing 2021