Sailfish atau Ikan Layar: Perenang Tercepat di Dunia

IKAN

2021-08-31

sailfish atau ikan layar : perenang tercepat didunia

AfricanElephantCrossing.com - Ikan layar diberi nama karena sirip punggungnya yang seperti layar dan secara luas dianggap sebagai ikan tercepat di lautan, dengan kecepatan 70 mph. Spesies ini adalah ikan buruan yang sangat dicari yang mudah dikenali dari rahang atasnya yang panjang, yang digunakannya sebagai tombak untuk menyerang dan menyetrum mangsa yang lebih besar, seperti ikan bertulang besar dan cumi.

Sailfish adalah jenis billfish seperti blue marlin atau swordfish yang dikenal tidak hanya karena paruhnya yang runcing, tetapi juga sirip punggungnya yang luar biasa yang bisa lebih tinggi dari panjang tubuhnya. Sailfish dimulai sebagai larva kecil, tidak panjangnya lebih dari beberapa milimeter, tetapi tumbuh dengan cepat selama tahun pertama mereka. Mereka dapat tumbuh dari 0,125 inci saat lahir hingga 3m panjang dari paruh hingga ekor dan beratnya mencapai 100 kg saat dewasa. Seperti ikan paruh lainnya, ikan layar betina bisa lebih besar dari jantan sehingga mereka dapat membawa telur sebanyak mungkin dan memiliki peluang lebih besar untuk berhasil bereproduksi di laut terbuka.

Ikan layar dimakan oleh berbagai macam predator. Saat baru menetas, ikan layar dimangsa oleh ikan lain yang berspesialisasi dalam memakan plankton. Ukuran pemangsa mereka meningkat saat mereka tumbuh, dan ikan layar dewasa tidak dimakan oleh apa pun selain ikan pemangsa yang lebih besar seperti spesies hiu laut terbuka, orca, dan ikan lumba-lumba.

Selama musim berkembang biak, betina akan menarik pasangan jantan dengan memanjangkan sirip punggungnya di atas permukaan air. Pasangan jantan-betina terbentuk dan berkembang biak melalui pembuahan eksternal, di mana betina melepaskan telurnya ke dalam kolom air sementara jantan melepaskan spermanya. Saat bertelur, seekor betina tunggal dapat melepaskan beberapa juta telur untuk meningkatkan kemungkinan bahwa beberapa akan dibuahi.

Ikan layar populer dalam penangkapan ikan rekreasi atau menangkap dan melepaskan, tetapi memiliki nilai kecil dalam industri penangkapan ikan komersial dan tidak dapat ditangkap secara komersial di Samudra Atlantik.3 Perikanan olahraga menyumbang tingkat tangkapan tertinggi ikan layar, terutama di Samudra Pasifik Timur di mana spesies dapat ditemukan di dekat pantai Amerika Tengah. Ikan layar juga ditangkap sebagai tangkapan sampingan oleh jaring apung, tombak, dan perikanan tuna tali panjang komersial, di mana jumlah tangkapan sampingan tidak dilaporkan secara akurat.

Fakta Menarik Tentang Ikan Layaran

1. Ikan layar dianggap sebagai ikan tercepat di laut, mencapai kecepatan tertinggi 70 mil per jam.

2. Sailfish adalah predator puncak di laut terbuka.

3. Ikan layar terbesar yang pernah ditangkap memiliki panjang 340 cm dan berat 100 kg. 

4. Ikan layar dapat hidup selama 13 sampai 15 tahun. ikan layar yang ditangkap dan dilepaskan oleh nelayan olahraga memiliki umur rata-rata hanya 4 sampai 5 tahun. 

5. Ikan layar menghabiskan seluruh hidup mereka di dekat permukaan laut terbuka, tetapi dapat menyelam hingga 350m untuk mencari makanan.

Temukan Kami

©AfricanElephantCrossing 2021