Spesies Kadal Kayu Berwarna-warni Ditemukan di Peru

REPTIL

Andre DS

2021-09-14 2 min read

Spesies Kadal Kayu Berwarna-wani

AfricanElephantCrossing.com - Para peneliti di Peru mensurvei sebuah area dari Cekungan Río Huallaga dari 2011 hingga 2018 dan menemukan spesies kadal kayu baru dari genus Enyalioides yang menampilkan berbagai warna berdasarkan jenis kelamin. Laki-laki bisa berwarna pirus kecoklatan atau putih dengan taburan hitam di seluruh bagiannya, sedangkan betina bisa menjadi warna kecoklatan yang menjemukan.

“Saluran Huallaga mengalir ke utara dari Cordillera Oriental di Peru tengah dan memiliki perpanjangan 1.138 km, yang menjadikannya anak sungai terbesar dari sungai Marañon,” para peneliti di Instituto Peruano de Herpetología, Rainforest Partnership, dan Centro de Ornitología y Biodiversidad, kata dalam makalah mereka. “Cekungan ini menampung berbagai macam ekosistem, termasuk Yuga, yang dianggap sebagai tempat perlindungan burung endemik, mamalia, dan amfibi.”

“Dalam upaya meningkatkan pengetahuan kami tentang herpetofauna di DAS Huallaga, kami melakukan survei lapangan antara 2011 dan 2018, yang mengarah pada penemuan spesies kadal kayu baru yang dijelaskan dalam makalah ini. Di antara kadal hoplocercine, kadal kayu [Enyalioides] merupakan salah satu kelompok kadal Amerika Selatan dengan tingkat penemuan spesies tertinggi (dikoreksi untuk ukuran clade) abad ini. Penemuan kami meningkat menjadi 16 jumlah spesies Enyalioides yang diketahui, di mana hanya tujuh yang diketahui pada abad-abad sebelumnya.”

Ditemukan di Daerah Sungai Huallaga

Kadal itu ditemukan di lembah Sungai Huallaga di Peru tengah pada ketinggian antara 830–1.614 meter. Jantan diukur sekitar 118 moncong untuk panjang ventilasi sementara betina diukur sedikit lebih besar pada 122 moncong untuk panjang ventilasi.

“Kami percaya Enyalioides feiruzae mungkin telah ditetapkan sebagai spesies terpisah setelah secara geografis terpisah dari kadal yang sangat mirip, Enyalioides rudolfarndti, mungkin sebagai akibat dari aktivitas tektonik dan osilasi iklim yang terjadi dari Oligosen Akhir hingga Miosen Awal,” para peneliti kata dalam makalah mereka.

“Habitat Enyalioides feiruzae sangat terfragmentasi oleh lahan pertanian dan padang rumput untuk peternakan, dan untuk saat ini kami hanya mengetahui satu populasi yang dilindungi di Taman Nasional Tingo Maria. Masih banyak yang harus ditemukan tentang ukuran dan distribusi populasi Enyalioides feiruzae dan kemampuan mereka untuk bertahan hidup dan beradaptasi dalam lanskap yang terfragmentasi.”

Makalah lengkapnya, Sebuah spesies baru kadal kayu Hoplocercinae, Enyalioides dari Río Huallaga Basin di Peru Tengah, dapat dibaca di situs Evolutionary Systematics.

Baca Juga

REPTIL

Iguana Laut yang Kerap disebut 'Godzilla' Versi Dunia Nyata

REPTIL

Spesies Kadal Kayu Berwarna-warni Ditemukan di Peru

AMFIBI REPTIL

6 Fakta Unik Mengenai Salamander Meksiko Axolotls

Rekomendasi Hewan Lainnya

INVERTEBRATA FAUNA

Laba-laba Merak, Invertebrata Mungil yang Menakjubkan

AMFIBI REPTIL

6 Fakta Unik Mengenai Salamander Meksiko Axolotls

MAMALIA INDONESIA

Badak Jawa : Hewan Indonesia yang dilindungi Akibat Terancam Punah

BURUNG INDONESIA

Burung Cendrawasih, Burung Indah yang Menjadi Maskot Papua

Temukan Kami

©AfricanElephantCrossing 2021