Top 7 Hewan Tercepat yang Ada di Bumi

MAMALIA IKAN BURUNG

2021-08-26

top 8 hewan yang ada di bumi

AfricanElephantCrossing.com - Beberapa hewan tercipta dengan sempurna untuk menjadi yang menjadi mesin kecepatan tertinggi. Beberapa di antaranya terbang di udara, yang lain berenang di air dan beberapa berlari di darat. Sebagian besar hewan tercepat adalah burung, jadi daftar kami di bawah ini mencakup pilihan yang tercepat dari semua jenis hewan yang berbeda ini. Berikut adalah top 7 hewan tercepat di dunia.

1. Burung Elang Peregrine - 389 km/jam

Burung Peregrine Falcon

Peregrine Falcon adalah burung tercepat, dan sebenarnya hewan tercepat di planet ini, ketika dalam perburuannya menyelam, ia akan terbang membubung tinggi, kemudian menyelam tajam dengan kecepatan lebih dari 389 km/jam.

Elang peregrine adalah salah satu spesies elang terbesar dan paling kuat. Mereka memiliki sayap yang panjang dan runcing dan ekor yang relatif pendek, dengan sayap dan kepala berwarna biru tua. Dada pucat mereka terlihat, dan bagian bawah sayap mereka dibatasi dengan garis-garis gelap. Mahkota kepala berwarna gelap, dan mereka memiliki 'kumis' hitam yang memberi mereka ekspresi berkerudung.

2. Burung Kanipis Jarum - 171 km/jam

Burung Kanipis Jarum

Burung Jarum-Kanipis atau yang sering disebut White Throated Needletail adalah burung tercepat dalam penerbangan bertenaga, dengan kecepatan tertinggi yaitu 171 km/jam. 

Tidak hanya itu, burung kanipis yang satu ini juga dapat bertahan di udara selama 10 bulan tanpa mendarat. Kemampuannya ini yang membuat burung kanipis jarum berbeda dengan burung kanipis lainnya

3. Burung Fregat - 153 km/jam

Burung Fregat

Kecepatan burung fregat 153 km/jam dibantu dengan memiliki rasio lebar sayap dan berat badan terbesar dari burung mana pun. Mereka mampu tetap tinggi selama lebih dari seminggu pada suatu waktu.

4. Cheetah - 113 km/jam

Cheetah (Citah)

Cheetah terampil berlari di mangsa yang cepat dan dapat mencapai kecepatan tertinggi 113 km/jam. Itu tiga kali lebih cepat dari kecepatan lari tertinggi untuk manusia yang sekitar 36kph (22mph)! Cheetah memiliki keterampilan yang tidak dimiliki kucing besar lainnya. Baca juga selengkapnya mengenai Cheetah.

5. Sailfish atau Ikan Layar - 110 km/jam

sailfish atau ikan layar

Sailfish atau Ikan layar adalah ikan tercepat di dunia, melaju di air dengan kecepatan 110 km/jam. 

Sailfish hidup di perairan hangat dan tersebar di seluruh bagian Samudra Pasifik dan Atlantik. 

Keunikan lain dari ikan ini yaitu sangat cepat tumbuh dan berkembang biak. Pada musim berkembang biak, sailfish betina dapat menghasilkan hingga 4,8 juta telur. Kemudian, telur-telur itu akan menetas dalam waktu 36 jam atau satu setengah hari. Ikan ini dapat tumbuh sekitar 1,2 sampai 1,5 meter per tahunnya.

6. Pronghorn Antelop - 98 km/jam

proghorn antelop

Antelop Pronghorn adalah hewan darat tercepat kedua setelah cheetah yang dapat berlari dengan kecepatan 98 km/jam. Dengan kemampuan kecepatan yang seperti itu, hewan ini sering lolos dari incaran predator.

Pronghorn ini hidup di wilayah Amerika Utara dan ada empat subspesies pronghorn yang dapat di temukan di Meksiko, Kanada, Great Plain, dan Arizona.

7. Ikan Marlin - 80 km/jam

Ikan Marlin

Marlin bisa berenang dengan kecepatan 80 km/jam, namun dikalahkan untuk gelar ikan tercepat di dunia oleh Sail Fish super cepat.

Sekilas ikan ini memang mirip dengan ikan Sailfish, namun keduanya berbeda. Perbedaannya terletak pada sirip punggung, dimana ikan Sailfish memiliki sirip punggung yang melebar seperti layar.

Demikian artikel top 7 hewan tercepat yang ada di bumi, semoga bermanfaat! 

Mungkin Anda Sukai

MAMALIA INDONESIA

Badak Jawa : Hewan Indonesia yang dilindungi Akibat Terancam Punah

BURUNG

Burung Merak : Fakta menarik, Populasi, dan Reproduksi

BURUNG INDONESIA

Burung Cendrawasih, Burung Indah yang Menjadi Maskot Papua

MAMALIA INDONESIA KARNIVORA

Macan Tutul Jawa, yang Kini Tak Lagi Nampak Di Hutan Pulau Jawa

Temukan Kami

©AfricanElephantCrossing 2021